Sukses

Jaga Performa Kendaraan, Selalu Rawat Busi Motor Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga performa motor bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk merawat busi. Pasalnya, komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk membakar campuran udara atau bahan bakar serta membantu untuk melepas panas dari ruang pembakaran.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih busi untuk performa mesin yang lebih baik adalah ukuran busi, angka panas busi dan penampilan fisik busi.

Jangan sampai salah untuk memilih busi, karena harus disesuaikan dengan spesifikasi yang sudah dikeluarkan oleh pabrikan dan di setiap busi memiliki kode.

"Busi berperan dalam memaksimalkan pembakaran di dalam ruang bakar, karena itu juga perlu diperhatikan perawatannya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu mendukung performa mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar," papar Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan busi :

-Melihat pembakaran di kepala busi : Jika berwarna hitam, hitam pekat atau putih maka kemungkinan terdapat bagian komponen yang sudah mengalami keausan di bagian mesin di dalam ruang bakar. Warna ideal sedikit lebih coklat pada bagian kepala busi.

-Pada penggunaan setiap 2000 km – 3000 km harus dicek dan dibersihkan, cek karbon dan kerak, lalu dibersihkan insolatornya.

-Dilihat gap businya, diperiksa jangan terlalu renggang atau jauh. Jika terlalu jauh akan berakibat sulit untuk dinyalakan. Sedangkan jika terlalu dekat/rapat akan mengakibatkan mesin cenederung panas.

-Pada penggunaan setiap 2000 km – 3000 km kami merekomendasikan wajib diganti sesuai kode busi masing-masing kendaraan.

Dampaknya jika tidak diganti ketika penggunaannya melewati jarak pemakaian tersebut, maka performa motor/ mesin akan mengalami penurunan. Tidak hanya performa mesin menurun bahkan dapat membuat bensin lebih boros.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.