Sukses

New Mitsubishi Xpander Masih Pakai Mesin Lama tapi Diklaim Lebih Efisien, Ini Rahasianya

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan model terbaru dari Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan model terbaru dari Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. Kedua model ini mengalami penyegaran, namun Xpander lah yang paling signifikan ubahannya.

Meskipun begitu, dua model andalan dari pabrikan berlambang tiga berlian ini masih mengadopsi mesin model lama, yaitu 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve berspesifikasi Euro4. Jantung mekanis tersebut menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM dan torsi 141 N.m pada 4,000 RPM.

Tapi, kini jenama asal Jepang menambahkan fitur baru, yaitu Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang berfungsi mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Dijelaskan General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, Guntur Harling, EGR merupakan fitur baru di mesin Xpander, dan juga telah memenuhi standar emisi Euro4.

"Untuk menghasilkan emisi yang baik tentunya, walaupun kami menggunakan basis mesin yang sama. Tapi, ada sistem yang digunakan, yaitu EGR sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik," jelas Guntur, di sela-sela konferensi pers secara virtual, Selasa (16/11/2021).

Penggunaan fitur baru ini, memang sejalan dengan keinginan pemerintah dalam menekan emisi gas buang. Pasalnya, komponen tersebut, berfungsi untuk mengembalikan sebagian gas sisa pembakaran ke intake manifold. Sementara itu, terkait dengan emisi gas buang kendaraannya tersebut, MMKSI telah mendaftarkan ke Kementerian Perhubungan untuk dilakukan uji emisi.

"Sampai saat ini, seluruh tipe Xpander sudah kami daftarkan pengujian emisi CO2-nya. Dan kami sedang menunggu antrean dari Kementerian Perhubungan, karena antrian panjang untuk uji emisi. Kami berkeyakinan bahwa Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimum," tegasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyegaran Signifikan

Selain penggunaan mesin lama dan telah mengadopsi fitur baru, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross telah mengadopsi sistem transmisi CVT.

Dari segi eksterior, new Xpander mengalami penyegaran di beberapa bagian, seperti New Front Bumper Design, New T-Shape Headlight with LED, New Rear Design, New T-Shape LED Tail Light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, dan New 17 inch Two Tone Alloy Wheel. Dengan ubahan ini, tampilan New Xpander kini makin gagah dan berkelas.

Interiornya pun banyak berubah. Pembaruannya antara lain New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Interior Color & Accent, New Digital AC Panel, New 8 inch Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA), New Design Meter Cluster with Opening Animation.

Selain itu, terdapat pula New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, New Rear AC Garnish, New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad, New 3-Dimension Seat Design, New Console Tray & Card Holder, New Rear Armrest with Cup Holder, New Floor Console with Armrest, New Rear USB Port on Front Console, KOS dan Start Stop Button, serta Cruise Control.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.