Sukses

Model Hybrid Toyota Diproduksi Tahun 2022, Innova, Avanza, atau Veloz?

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memastikan mulai produksi kendaraan elektrifikasi tahun depan

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memastikan mulai produksi kendaraan elektrifikasi tahun depan. Raksasa otomotif asal Jepang ini, akan mulai membuat mobil ramah lingkungan berjenis hybrid, meskipun untuk modelnya belum terungkap hingga saat ini.

Dijelaskan Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, mobil hybrid yang akan dilahirkan dari pabriknya di Indonesia, merupakan model baru.

"Jadi new model introduction, prosesnya baru. Segmennya yang disukai orang Indonesia," jelas Warih saat ditemui di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, beberapa waktu lalu.

Merujuk dengan apa yang dikatakan Warih, artinya mobil hybrid yang akan diproduksi, merupakan mobil keluarga yang memang saat ini sangat digemari di Tanah Air. Ada dua model yang memungkinkan untuk dibuat versi hybrid, yaitu Kijang Innova dan juga Toyota Avanza atau Veloz.

Sementara itu, Warih juga mengatakan, produk hybrid buatan Indonesia ini, memang akan langsung masuk ke pasar ekspor. Untuk tujuan pasar luar negeri, sejumlah negara di Asia dan Amerika Selatan.

"Jadi, domestik launch, satu dua bulan kemudian akan ekspor," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam ada dua alternatif yang bisa dilakukan jenama asal Jepang ini untuk melakukan produksi mobil hybrid di Tanah Air.

"Kita buat model baru sama sekali, atau kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada. Kalau kita mempertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada," jelas Bob.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diterima Pasar dengan Baik

Lanjut Bob, dengan memilih untuk membenamkan teknologi hibrida di mobil yang sudah ada alias yang sudah dijual Toyota di pasar nasional, hal tersebut akan menjaga supply chain, sekaligus teknologi baru juga bisa diadopsi di mobil konvensional saat ini.

"Apalagi, kalo model tersebut sudah diterima di pasar ekspor. Jadi, sekaligus untuk domestik dan pasar ekspor. Teman-teman sudah bisa bacalah arahnya ke mana," tegas Bob.

Dengan pernyataan Bob tersebut, bisa dipastikan model Toyota yang sudah dijual saat ini, akan ada yang versi hybrid.

Namun, jika dilihat dari model mana yang sudah sangat diterima dengan baik di pasar ekspor, tentu saja ada beberapa pilihan, seperti Fortuner, Innova, Rush, Avanza, Vios, atau bahkan mobil murah Agya.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.