Sukses

All New Avanza-Xenia Lagi Booming, Simak Lagi Arti Nama Keduanya

Di balik kesuksesannya di industri otomotif Indonesia, ternyata penggunaan nama Vanza dan Xenia terinspirasi dari sini

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia beberapa waktu lalu menjadi pusat perhatian bagi industri otomotif lewat penyempurnaan yang paripurna.

Selain hadir dengan bentuk yang lebih berkelas, mobil yang diibaratkan bagai pinang dibelah dua ini juga memiliki penjualan yang luar biasa.

Sejak diperkenalkan pada 2003 silam, kehadiran mobil 'Sejuta Umat' ini terus mengalami peningkatan penjualan.

Bahkan, berdasarkan informasinya, sepanjang 17 tahun eksis di Tanah Air, penjualannya sudah lebih dari satu juta unit.

Menelisik kata yang digunakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada model andalannya, rupanya memiliki arti yang begitu dalam.

Mengutip dari buku karya Syakur Usman, 17 Tahun Fenomena Avanza-Xenia di Indonesia: The Ultimate Low MPV in Industry, ia menjabarkan perihal arti nama dari kedua model tersebut.

Untuk penggunaan nama model Toyota, Avanza, merupakan kata yang berasal dari Italia, yakni Avanzato. Adapun makna yang tersirat pada model ini adalah peningkatan.

Sementara itu, untuk model Daihatsu, nama Xenia juga dipakai lantaran memiliki makna yang begitu dalam. Mereka memilih nama tersebut karena mengambil dari bahasa Yunani, yang asal katanya adalah Xenos dengan arti tamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Avanza dan Xenia Punya Market Berbeda

Strategi marketing yang dimainkan oleh PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor terbilang ciamik pada model Avanza dan Xenia.

Masih dalam buku tersebut, Syakur Usman, yang merupakan wartawan senior di bidang otomotif menguraikan bahwa memang antara dua model ini memiliki segmentasi dan sasaran konsumen yang berbeda.

"Konsepnya adalah, Toyota Avanza dikomunikasikan sebagai mobil keluarga murah yang bergaya (prestise), sedangkan Daihatsu Xenia lebih kepada sisi fungsionalitasnya," beber Syakur.

Hingga saat ini, Toyota Avanza sudah memiliki tiga generasi. Sebagai generasi perpisahan, Toyota, sudah merancang sedemikian rupa untuk memberikan berbagai penyempurnaan dari sisi tampilan, serta fitur dan sistem penggerak baru untuk lebih memanjakan pelanggannya.

3 dari 3 halaman

Infografis Kenali Fungsi Skrining Aplikasi PeduliLindungi untuk 6 Aktivitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.