Sukses

Mitsubishi Pajero Sport Pernah Dipakai Rifat Sungkar untuk Balap Speed Offroad

Terlepas dari kecelakaan yang merenggut nyawa artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi, di Jalan Tol Jombang, Jawa Timur, mobil Mitsubishi Pajero Sport yang dikemudikan oleh rekannya ini ternyata juga pernah dijadikan mobil reli oleh Rifat Sungkar.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari kecelakaan yang merenggut nyawa artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi, di Jalan Tol Jombang, Jawa Timur, mobil Mitsubishi Pajero Sport yang dikemudikan oleh rekannya ini ternyata juga pernah dijadikan mobil reli oleh Rifat Sungkar.

Namun, mobil yang digunakan oleh Rifat Sungkar untuk turun laga di Kejuaraan Nasional Speed Offroad adalah Mitsubishi Pajero Sport lansiran 2013 yang sudah dimodifikasi agar tampil mumpuni di medan offroad.

"Iya benar, dulu Rifat pernah pakai Mitsubishi Pajero Sport juga untuk Kejurnas Speed Offroad," ujar Julian Johan, ketika dikonfirmasi mengenai spesifikasi mobil tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Jeje dan juga seorang offroader, mobil yang digunakan oleh Rifat pada awal turun di Kejurnas memang masih menggunakan komponen bawaan pabrik yang tidak dimodifikasi.

Salah satunya adalah penggunaan mesin diesel dengan spesifikasi 4D56 2500cc Turbo Diesel 370-400hp. Mampu memberikan performa yang maksimal.

"Awal dipakai 2013 Mitsubishi Pajero Sport yang dipakai Rifat, masih pakai mesin bawaan diesel Dakar. Abis itu, Mitsubishi Pajero Sport pada 2015, sudah tidak pakai mesin bawaannya, dia melakukan engine swap," tambah Jeje.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Dimodifikasi untuk Tampil Maksimal

Untuk meringankan bobotnya, SUV tersebut juga dimodifikasi bagian interiornya. Sebagaimana mestinya mobil reli, interior hanya menyisakan dua kursi di depan, dan pemasangan rollbar.

Selebihnya, kompartemen yang tidak penting seperti kursi baris kedua dan ketiga dieliminasi agar lebih ringan saat bermanuver di atas lintasan balap.

"Iya untuk bagian interior semua dilepas atau ditrondolin, hanya menyisakan bodi only. Selain itu, mobil itu juga sudah menggunakan roll cage dengan jumlah di atas delapan titik," beber Jeje.

Bicara mengenai prestasinya, sepanjang musim balap 2013 dan 2014, mobil yang dikemudikan oleh Rifat ini sukses merajai Kejuaraan Nasional Speed Offroad untuk kelas Free For All (FFA)

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.