Sukses

Bocoran Motor Baru Honda dan Benelli yang Bakal Meluncur di GIIAS 2021

Honda dan Benelli akan memanfaatkan panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 untuk meluncurkan motor baru.

Liputan6.com, Jakarta - Honda dan Benelli akan memanfaatkan panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 untuk meluncurkan motor baru. 

PT Astra Honda Motor (AHM), lewat General Manager Corporate Communication-nya, Ahmad Muhibbuddin memastikan jika mereka bakal melansir motor baru sebelum tutup tahun 2021 yang indikasinya diperkenalkan di lantai GIIAS pada 11 sampai 21 November mendatang.

"Kita ada produk baru sebelum pergantian tahun. Mudah-mudahan sesuai rencana," kata Muhib, panggilan karibnya beberapa waktu lalu.

Pabrikan berlogo sayap mengepak memang kerap kali meluncurkan motor baru di pameran otomotif GIIAS. Seperti contohnya di 2018, mereka merilis Honda Super Cub C125 dan Honda Forza 250.

Sementara di GIIAS 2019 Honda kembali membuat kejutan dengan menawarkan ADV150. Adapun di 2020 pameran GIIAS ditiadakan karena pertimbangan kasus penularan COVID-19 yang masih tinggi.

Sampai saat ini, AHM masih menutup rapat informasi produk apa yang akan mereka luncurkan. Namun nama Honda Vario 160 santer dikabarkan bakal mendebut di Indonesia.

Dugaanya berdasarkan umur Honda Vario 125 dan 150 yang saat ini sudah menjejak hampir 4 tahun di mana umumnya pabrikan melakukan revisi besar di momen tersebut.

Apalagi setelah hadirnya Honda PCX160 di Tanah Air, untuk diketahui PCX lawas dan Vario secara platform menggunakan jantung pacu yang sama. Artinya cukup mudah untuk AHM meluncurkan Vario 160 tanpa perlu melakukan investasi besar guna keperluan pembuatan mesin baru.

Mesin terbaru dari PCX160 menggunakan teknologi baru, yakni eSP+ yang menawarkan performa tinggi dan efisiensi yang maksimal. Teknisi AHM mengatakan hampir seluruh bagian dalam mesin mengalami ubahan signifikan dan sukses mendongkrak tenaga serta torsinya.

Jika dibenamkan di generasi baru Honda Vario nanti, ini bisa jadi magnet untuk menggaet para konsumen. Kita tahu bahwa pengguna matik besutan Honda ini cukup dominan di pasar roda dua domestik.

Selain Indonesia, kabar soal peluncuran Honda Vario 160 juga melenggang di negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam. Media otomotif di sana menyebutkan jika motor ini segera diluncurkan pada tahun 2021.

Rasanya kita hanya tinggal menunggu waktu apakah benar Vario 160 bakal diperkenalkan di GIIAS. “Ada kejutan, yang pasti akan heboh (di GIIAS 2021)," kata sumber OTO.com saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, belum lama ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Benelli Bawa 2 Motor Baru

Sementara PT Benelli Indonesia (BMI) lebih buka-bukaan soal peluncuran produk barunya di GIIAS 2021 nanti. Direktur Utama PT BMI, Steven Kentjana Putra memastikan mereka akan membawa satu motor bertipe Scrambler dengan mesin V-Twin 250 cc dan motor matik berperawakan retro futuristik.

Namun peluncurannya nanti bukan dari merek motor Benelli melainkan Keeway. Sebagai informasi BMI sejak oktober 2020 lalu sudah menginformasikan jika mereka menaungi Belli dan Keeway di pasar domestik.

Tak heran, sebab kedua merek motor ini memang masih satu atap yakni grup Geely yang sama-sama diproduksi oleh pabrik Qianjiang di Cina.

Dari penuturan Steven, produk yang mereka akan lansir adalah Keeway Scrambler V250Fi yang kemungkinan besar masih satu mesin dengan Geronimo V250Fi (Cruiser) yang lebih dulu meluncur beberapa waktu lalu.

Jika benar, artinya motor ini menggendong jantung pacu berkubikasi mesin 250 cc, V-Twin, 2-silinder, SOHC. Tenaga maksimalnya di 12,5 kW atau setara 16,7 daya kuda pada 8.500 rpm dan torsi puncak di 17 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm. Besaran output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 5-percepatan.

Adapun untuk produk kedua adalah Keeway Shiny 150, matik ini punya tampilan retro modern. Bentukan fisiknya punya karakter lebih membulat ketimbang Benelli Panarea 125. Motor matik tersebut juga sudah dilengkapi dengan lampu LED, DRL, dan panel meter digital.

Kedua motor ini bisa dibilang menarik sebab mayoritas kompetitor dari pabrikan Jepang belum banyak memiliki line-up motor scrambler dan matik retro modern yang dijual secara resmi. Ya, artinya bisa menjadi opsi baru bagi para konsumen di Indonesia.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.