Sukses

Manfaat Penting Wiper Saat Berkendara Kala Hujan

Wiper memiliki peran penting dalam berkendara kala hujan. Namun, komponen ini juga harus diremajakan dalam waktu tertentu untuk menghasilkan sapuan yang maksimal

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkendara dalam kondisi hujan, salah satu komponen penting yang dipasang di mobil adalah wiper. Komponen ini menjadi aspek utama yang mendukung keselamatan berkendara saat hujan.

Penggunaan wiper ini adalah ditujukan untuk menyapu air hujan atau kotoran yang ada di kaca depan. Dengan begitu, berkendara akan terasa lebih nyaman dan aman tanpa ada sesuatu yang menghalangi.

Sebagai pembalap nasional sekaligus instuctor safety driving yang kerap kali dipakai oleh Toyota Astra Motor, Demas Agil, memberikan penjelasan terkait manfaat yang begitu besar terkait fungsi dari wiper.

"Wiper memang merupakan komponen yang harga tidak terlalu mahal. Tetapi, wiper ini memiliki fungsi yang begitu besar. Oleh karena itu, jika sapuan wiper sudah tidak maksimal, maka segera harus diganti," buka Demas Agil, menjelaskan.

Masih menurutnya, dalam jangka waktu satu tahun sebisa mungkin wiper harus diganti. Hal ini dikarenakan karet yang menjadi sapuan pada bagian bawahnya, rentan getas dan kering.

Jika sudah seperti itu, tidak hanya sapuannya saja yang tidak maksimal, tetapi bisa membuat goresan rambut pada lapisan kaca depan.

"Kalau dari saya, paling tidak satu tahun itu wiper ganti. Karena kan karetnya ini bisa kering, dan getas, sampai akhirnya sapuannya tidak akan maksimal," tambah Demas Agil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyalakan Dim untuk Memantau Jalan

Selain berbicara mengenai manfaat wiper, ada tips lain lagi yang kerap dilakukan oleh Demas Agil ketika berkendara saat hujan.

"Kalau saya punya kebiasaan ketika berkendara dalam hujan. Setiap 10 detik sampai 20 detik sekali, itu saya selalu menyalakan lampu dim. Tujuannya apa? Bukan untuk memberitahu pengemudi depan untuk minggir, tetapi lebih memantau jalan di depan seperti apa," beber Demas.

Dengan melakukan kebiasaan tersebut, maka pengemudi mobil pun dapat memantau kondisi jalan.

Entah itu ada genangan air, atau ada belokan yang tiba-tiba, menurut Demas hal tersebut kerap dilakukan lantaran keselamatan dalam berkendara.

3 dari 3 halaman

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.