Sukses

Ambisius, Chery Bakal Boyong Mobil Listrik ke Indonesia

Jenama mobil Chery asal Cina berencana akan kembali meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Hal tersebut diketahui berdasarkan unggahan akun resmi @cherymotorsindonesia, merek tersebut bersiap meluncurkan mobil baru di tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jenama mobil Chery asal Cina berencana akan kembali meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Hal tersebut diketahui berdasarkan unggahan akun resmi @cherymotorsindonesia, merek tersebut bersiap meluncurkan mobil baru di tahun 2022.

"Akhir tahun 2021 kami akan mengatur factory dan kantor," tulis akun itu pada unggahan Instagram Kamis (12/8/2021). "Product-nya akan launch di tahun 2022," lanjut postingan tersebut.

Jika mengacu pada beberapa postingan akun Instagram Chery Indonesia, mobil yang akan diperkenalkan adalah SUV Chery Tiggo 4, Tiggo 7 pro, serta Tiggo 8 pro.

Namun baru-baru ini merek yang sempat berjualan di Indonesia ini mengumumkan akan memboyong mobil listrik ke Tanah Air. Hal ini merupakan tanggapan Chery terhadap keseriusan pemerintah Indonesia mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak akan dilarang pada tahun 2050 di Indonesia. Chery berencana membawa mobil dengan sumber energi baru ke pasar otomotif Tanah Air," tulis akun itu pada sebuah postingan pekan lalu.

Chery berencana menghadirkan berbagai macam mobil baru, mulai dari Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) hingga Battery Electric Vehicle (BEV), yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"(Kedepan) Chery tidak hanya akan menghadirkan mobil BBM baru, tetapi juga memboyong mobil dengan sumber tenaga baru berteknologi canggih. Sebagai contoh PHEV dan BEV, untuk memberikan rasa berkendara unik bagi masyarakat Indonesia," tulis akun tersebut. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Belum Pasti

Meski sudah berjanji untuk menghadirkan mobil ramah lingkungan di Indonesia, Chery Indonesia belum memberikan bocoran lebih jauh model mana yang akan diboyong ke tanah air.

Namun jika mengacu pada postingan Instagram resmi mereka, boleh jadi mobil listrik yang masuk nanti adalah Chery eQ5, Chery eQ1, serta Chery QQ Ice Cream.

Mobil pertama merupakan mobil SUV dengan dimensi yang cukup mirip dengan Honda HR-V. Jika mobil ini nantinya akan dijual di Indonesia, Chery eQ5 akan menjadi pesaing baru Hyundai Kona elektrik.

Berdasarkan situs chinamobil.ru, eQ5 mengusung baterai berukuran 70.1 kWh dengan jarak tempuh mencapai 510 km. Varian termurah menghasilkan tenaga 161 hp dengan torsi 250 Nm, sementara tipe-tipe di atasnya memiliki daya 174 hp dan torsi 280 Nm.

Lalu Chery eQ1 dan Chery QQ Ice cream sama-sama diketahui sebagai mobil listrik berbodi kompak, ideal untuk jalanan perkotaan. Bila dipasarkan di Indonesia, kedua mobil ini bisa menjadi pesaing baru Wuling Mini EV yang akan kabarnya dirilis pada GIIAS 2021.

Berdasarkan situs evcompare.io, Chery eQ1 mempunyai baterai berukuran 38 kWh dengan jarak tempuh mencapai 301 km. Mobil tersebut menghasilkan tenaga sebesar 41 hp dan torsi 120 Nm.

Sedangkan spesifikasi Chery QQ Ice Cream masih cukup misterius. Mobil ini hanya diketahui mengusung tenaga listrik dengan output 27 hp dan torsi 85 Nm. Jarak tempuh QQ Ice Cream diperkirakan sekitar 120-170 km.

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.