Honda Vario 160 Bakal Diluncurkan pada GIIAS 2021?

Oleh Liputan6.com pada 28 Okt 2021, 17:06 WIB
Diperbarui 28 Okt 2021, 17:06 WIB
Bentuk samping Honda Vario 160 (motosaigon)
Perbesar
Bentuk samping Honda Vario 160 (motosaigon)

Liputan6.com, Jakarta - All New Honda Vario 160 dikabarkan segera meluncur di Indonesia dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021. Pameran otomotif itu akan berlangsung pada 11 hingga 21 November di ICE BSD.

Santernya peluncuran Honda Vario 160 tak hanya terdengar di Indonesia. Media otomotif dari Thailand dan Vietnam juga kerap memberitakan kabar peluncuran Vario generasi terbaru ini pada akhir 2021.

Meski belum mengonfirmasi, General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan, pihaknya akan kembali meluncurkan motor baru sebelum pergantian tahun. Namun, Muhib masih enggan membeberkan motor Honda terbaru apa yang akan diperkenalkan.

"Kita ada produk baru sebelum pergantian tahun. Mudah-mudahan sesuai rencana," kata Muhib, seperti dilansir Oto.com, Kamis (28/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Diprediksi Honda Vario 160

Mesin baru Honda Vario 160cc
Perbesar
Mesin baru Honda Vario 160cc

Honda Vario 125 dan 150 yang dijual di Indonesia kini sudah menginjak umur hampir 4 tahun, pembaruan terakhir dilakukan AHM pada 2018 lalu. Bicara siklus hidup produk otomotif, para pabrikan biasanya akan melansir generasi baru tiap 3 atau 4 tahun sekali. Bisa dibilang Honda Vario sudah memiliki umur yang matang untuk diregenerasi.

Peluang Honda Vario akan dijejali mesin berkubikasi 156,9 cc (dibulatkan 160 cc) juga mencuat setelah lahirnya PCX 160 di Indonesia beberapa waktu. Seperti diketahui, kedua motor ini memang berbagi platform yang sama, utamanya di sektor mesin. Artinya AHM sudah punya modal menetaskan Vario 160 tanpa perlu repot membuat mesin terbaru.

Saat peluncuran PCX 160 di Tanah Air, Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya sebenarnya sudah memberikan kisi-kisi soal peluang Vario menggendong mesin 160 cc. Namun saat itu, Thomas belum bersedia menegaskan. 

"Memang tidak tertutup kemungkinan jika kami akan ke tipe yang lain (Vario dan ADV). Tapi kembali lagi, sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen dan apa yang dapat kami pelajari dari riset yang dilakukan," kata Thomas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tampilan Berubah

Wujud yang dikabarkan skutik All New Honda Vario 160
Perbesar
Wujud yang dikabarkan skutik All New Honda Vario 160

Selain kabar akan merevisi total di sektor mesin, berdasarkan laporan Greatbiker, Honda Vario 160 atau yang di Thailand lebih dikenal dengan Honda Click akan mendapat ubahan besar di tampilan. Memang saat ini belum terpantau visual bocorannya, tapi dikabarkan akan punya desain yang lebih sporty ketimbang unit yang diniagakan saat ini.

Sementara dari sektor fitur, Honda Vario 160 dirumorkan akan mendapat pengereman ABS (Anti-lock Braking System) di roda depan. Terkait penyematan HSTC atau kontrol traksi masih kecil kemungkinannya, sebab akan membuat banderol jual dari matik ini melambung tinggi.

Sekadar informasi, jika nanti benar Vario akan disuntik mesin yang identik dengan PCX 160 performa yang akan dihasilkan bisa lebih agresif. Analisisnya berdasarkan bobot masing-masing motor. Honda PCX 160 untuk varian non ABS memiliki bobot kosong 131 kilogram, sementara Vario 150 memiliki bobot kosong 112 kilogram. Perbedaan bobot dan mesin baru inilah yang membuat Vario generasi baru nanti bisa lebih maksimal soal performa.

Honda PCX terbaru dengan mesin 156,9 cc berkonfigurasi 4-katup mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 15,8 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak di 14,7 Nm pada puntiran mesin 6.500 rpm. Jika mengkomparasinya dengan generasi lawas, artinya ada peningkatan sekitar 3,4 daya kuda dan torsinya naik 1,9 Nm.

Menarik buat ditunggu motor baru apa yang akan ditetaskan AHM di lantai GIIAS 2021. Kita nantikan saja kejutannya. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Motor Listrik

infografis motor listrik
Perbesar
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya