Pelat RFS Seperti Rachel Vennya Bisa Dimiliki Masyarakat Umum, Ini Syarat dan Ketentuannya

Oleh Liputan6.com pada 26 Okt 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 17:00 WIB
Jadi Presiden, Mobil Jokowi Jadi Keren
Perbesar
Seorang Paspampres tampak berjaga di dekat mobil mercedez benz bernomer B 1190 RFS yang dinaiki Jokowi, Jakarta, Sabtu (23/8/2014) (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Pelat nomor RFS akhir-akhir ini menjadi sorotan karena digunakan oleh selebgram Rachel Vennya. Pelat nomor B 139 RFS mobil itu terlihat ketika Rachel Vennya menggunakan mobil pribadi untuk menjalani pemeriksaan dugaan kasus pelanggaran protokol kesehatan (Prokes).  

Kasubdit Gakkum Ditalntas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono menegaskan, penggunaan pelat nomor dengan huruf belakang RFS juga bisa dimiliki masyarakat. Polisi memiliki ketentuan sendiri mengenai pelat nomor RFS untuk para pejabat. 

Bagi kendaraan pejabat sipil, pelat RFS harus diikuti empat angka dengan awalan angka 1. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Kapolri yang menyatakan pelat RFS dengan empat angka dan awalan 1 digunakan untuk pejabat sipil yang mempunyai tugas khusus atau kerahasiaan.

Sedangkan untuk masyarakat umum yang ingin menggunakan pelat nomor dengan akhiran RFS haru memenuhi sejumlah syarat. Yakni, bila empat angka tidak diawali dengan angka 1 di depannya dan bila tiga angka harus membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti milik Rachel Vennya.

"Itu, kan, pelatnya tiga angka. Jadi, kalau tiga angka itu sebetulnya yang belakangnya tidak terlalu berpengaruh. Itu bebas," kata Argo.

Karena ketentuan bisa digunakan masyarakat umum, Argo mengatakan Rachel Vennya bisa menggunakan pelat yang biasa hanya terpampang di kendaraan dinas pejabat negara itu.

"Jadi, dia beli pelat biasa cuma ala-ala biar kelihatan kaya pejabat. Tapi, itu bisa dimiliki oleh umum," kata Argo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ketentuan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Cantik 

7 Potret Pelat Nomor Kendaraan Nyeleneh, Bikin Senyum Saat Bacanya
Perbesar
Doc: Instagram

Dikutip dari laman peraturan.go.id, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan kalau ingin membuat nomor pelat cantik.

Sekadar informasi, masa berlaku Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan (NRKB). Berikut ini adalah rinciannya"

1. NRKB pilihan untuk kombinasi 1 angka

Tidak ada huruf di belakang angka (blank): Rp 20 juta

Ada huruf di belakang angka: Rp 15 juta

2. NRKB pilihan untuk kombinasi 2 angka.

Tidak ada huruf di belakang angka (blank): Rp 15 juta

Ada huruf di belakang angka: Rp 10 juta

3. NRKB pilihan untuk kombinasi 3 angka.

Tidak ada huruf di belakang angka (blank): Rp 10 juta

Ada huruf di belakang angka: Rp 7,5 juta

4. NKRB pilihan untuk kombinasi 4 angka

Tidak ada huruf di belakang angka (blank): Rp 7,5 juta

Ada huruf di belakang angka: Rp 5 juta

 


Infografis: Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak

Infografis: Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak
Perbesar
Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya