Sukses

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Jaga Tubuh dan Gaya Berkendara Agar Tetap Aman

Jelang akhir tahun, intensitas hujan biasanya sudah cukup tinggi. Bagi pengendara motor yang masih harus berkegiatan, harus ekstra hati-hati baik untuk menjaga kondisi badan dan kesehatan, juga cara berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Jelang akhir tahun, intensitas hujan biasanya sudah cukup tinggi. Dengan kondisi seperti itu, bagi pengendara motor yang masih harus berkegiatan, perlu ekstra hati-hati baik untuk menjaga kondisi badan dan kesehatan, juga cara berkendara agar tetap aman.

Kondisi saat hujan yang berbeda membuat pengendara harus meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keselamatan berkendara.

Berikut tips berkendara saat hujan dari Yamaha Indonesia:

1. Persiapan diri

Sebelum keluar saat hujan, cek kondisi badan terlebih dahulu. Sebaiknya berkendara saat kondisi tubuh fit terutama saat musim hujan. Karena kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.

2. Lampu sepeda motor

Fungsi lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan bertujuan agar pengendara dapat melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air.

Tidak hanya lampu depan yang menyala melainkan lampu belakang pun wajib untuk hidup, terutama saat lebatnya hujan yang turun. Dengan adanya lampu belakang yang hidup ikut memberikan tanda kepada pengendara lain jika terdapat kendaraan di depannya. Selain itu pastikan ban dan rem dalam kondisi baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gaya berkendara

Gaya berkendara saat hujan berbeda dengan gaya berkendara saat kondisi normal.

Saat hujan, risiko berkendara lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara terutama saat melakukan pengereman, jadi lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Serta buka tutup gas yang lebih smooth dan lebih memperhatikan kondisi sekitar.

4. Jas Hujan

Selain melindungi tubuh dari hujan, fungsi jas hujan dapat mengurangi rasa dingin dan dapat menjaga tas dan barang bawaan terhindar dari hujan. Disarankan para pengendara menggunakan jas hujan jenis setelan.

Tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco karena dikhawatirkan akan tersangkut di bagian rantai atau roda sepeda motor.

Disarankan juga menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.