Manfaat Strut Bar pada Kompartemen Mesin, Bukan Sekadar Aksesori Semata

Oleh Fahmi Rizki pada 21 Okt 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 06:00 WIB
Strut bar juga punya manfaat, bukan hanya sekedar aksesoris semata (low-offset)
Perbesar
Strut bar juga punya manfaat, bukan hanya sekedar aksesoris semata (low-offset)

Liputan6.com, Jakarta - Selain bertujuan untuk memberikan kesan yang lebih racing pada ruang mesin, penggunaan strut bar pada ruang kompartemen mesin juga rupanya memiliki dampak positif pada kinerja mobil.

Salah satu hal yang menjadi manfaat dari penggunaan komponen besi melintang ini adalah menjaga mobil agar tetap rigid saat dipacu maksimal.

Dalam penjelasannya, Galih dari workshop ReservedBefore yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan bahwa penggunaan strut bar ini memang bertujuan untuk memberikan tingkat kestabilan sumbu chassis.

"Kalau menurut saya, sebenarnya fungsinya untuk menstabilkan sumbu sasis dan shockbreaker. Jadi apabila pada saat kita belok, tekanan yang diberikan shockbreaker akan berlebih, nah di situlah fungsi strut bar bekerja untuk menyeimbangkan kerja berlebihan agar seimbang dan stabil," jelas pria yang akrab disapa Ais ini.

Meski banyak pemilik mobil yang menggunakan strut bar untuk kebutuhan tampilan saja, namun menurut Ais hal tesebut sah-sah saja lantaran masing-masing pemilik mobil memiliki perspektif yang berbeda terkait penggunaan komponen tersebut.

"Kebanyakan orang juga menyalahartikan dengan nilai yang untuk gaya-gayaan saja. Ya kalau seperti itu kan tergantung perspektifnya masing-masing orang menilai fungsi dan perannya seperti apa," tambah Ais.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harganya Berkisar Mulai dari Ratusan Ribu Rupiah

Perihal bahan baku yang digunakan, strut bar ini memang terlihat terbuat dari besi dan bahan campuran lainnya. Perihal kekuatannya, daya yang dihasilkan memang mampu memberikan tingkat kestabilan saat mobil dibawa dengan kecepatan tinggi.

"Kalau dari bahan bakunya, jika dilihat dari tampilan luarnya seperti terbuat dari besi. Cuma untuk pastinya saya juga kurang paham, yang pasti untuk kualitasnya sudah pasti diujicobakan dari masing-masing produsen," imbuhnya.

Sementara jika bicara brand yang kerap digunakan, Ais, membeberkan beberapa di antaranya seperti Ultra Racing dan Hard Race. Sedangkan perihal harga yang ditawarkan, strut bar dibanderol dengan harga mulai dari Rp 500 ribuan hingga Rp 3 jutaan.


Infografis 3 Syarat Penyintas Covid-19 Dapat Disuntik Vaksin Lebih Cepat

Infografis 3 Syarat Penyintas Covid-19 Dapat Disuntik Vaksin Lebih Cepat. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis 3 Syarat Penyintas Covid-19 Dapat Disuntik Vaksin Lebih Cepat. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya