Sukses

Habiskan Rp18,1 Triliun, Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Negara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Toyota berencana membangun pabrik baru, dengan investasi US$1,29 miliar atau setara dengan Rp18,1 triliun untuk produksi baterai mobil gas-listrik, hybrid, dan listrik penuh di Amerika Serikat.

Dilansir Autoblog, lokasi pabrik baru raksasa otomotif asal Jepang di Negeri paman Sam ini belum diumumkan. Namun, disebutkan pabrik ini akan mempekerjakan 1.750 orang, dan mulai produksi pada 2025, dan secara bertahap ditingkatkan hingga 2031.

Pabrik baru ini, merupakan bagian dari investasi US$3,4 miliar yang direncanakan Toyota untuk pengembangan baterai kendaraan listrik selama 10 tahun mendatang. Namun, tidak dirinci sisa US$2,1 miliar yang akan dihabiskan, namun sebagian memang kemungkinan akan digunakan untuk pabrik baterai lain.

Sementara itu, dalam pergerakan pengembangan kendaraan listrik memang tidak hanya dilakukan oleh Toyota. Pabrikan lain, seperti Stellantis, Fiat Chrysler, dan LG Energy Solution, juga berencana untuk membangun fasilitas manufaktur baterai. Hal ini, untuk membantu para pembuat mobil mendapatkan 40 persen penjualan kendaraan listik di AS.

Toyota sendiri, bergabung dengan Ford dan General Motors (GM) dalam mengumumkan investasi besar baru-baru ini di pabrik baterai AS. GM berencana membangun pabrik baterai di Ohio dan Tennessee, sedangkan Ford berencana membangun pabrik di Tennessee dan Kentucky.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Baru

Toyota akan membentuk perusahaan baru untuk menjalankan pabrik baterai baru di AS dengan Toyota Tsusho, anak perusahaan yang sekarang membuat berbagai suku cadang untuk pembuatan mobil. Perusahaan juga akan membantu Toyota memperluas rantai pasokannya di AS, serta meningkatkan pengetahuannya tentang baterai mobil lithium-ion.

"Komitmen hari ini untuk elektrifikasi adalah tentang mencapai keberlanjutan jangka panjang bagi lingkungan, pekerjaan Amerika dan konsumen," ujar Ted Ogawa, CEO Toyota Amerika Utara, dalam sebuah pernyataan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.