Sukses

Ini Tips Modifikasi Motor ala Pemenang CustoMAXI

Memodifikasi motor kesayangan sah-sah saja dilakukan oleh seseorang selama tidak merusak dan mengurangi performa motor secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Memodifikasi motor kesayangan sah-sah saja dilakukan oleh seseorang selama tidak merusak dan mengurangi performa motor secara keseluruhan. Apalagi jika sentuhan modifikasi tersebut bertujuan agar motor tampil makin stylish layaknya sebuah karya seni yang tidak hanya dinikmati diri sendiri, tetapi juga dapat dinikmati oleh orang lain.

Selain itu, menyalurkan hobi modifikasi motor juga kerap mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Mulai dari pengakuan atas ide kreativitas dan keunikan gaya modifikasi yang tertuang pada motor tersebut, hingga mendapatkan hadiah berupa uang atau berbagai barang berharga lainnya, seperti ketika ikut dalam kontes modifikasi bertajuk CustoMAXI Yamaha. 

Salah satu peserta dan pemenang dari event tersebut adalah Agus Hadi Purwanto (38) asal Yogyakarta. Ia pernah menang sebagai The Best NMAX Modification & King of MAXI Yamaha Modification 2017, The Best NMAX Modification 2018, The Best Xmax Modification 2019, dan tahap regional jawara NMAX kelas Master regional Solo 2020.

Modifikator andal yang telah teruji keunggulannya sebagai langganan juara ajang CustoMAXI yang digelar Yamaha itu mengatakan modifikasi haruslah dapat digunakan untuk mobilitas sehari-hari sesuai dengan peruntukannya. Kamu juga bisa ikutan CustoMAXI 2021 yang sudah dibuka pendaftarannya mulai 27 September - 21 November 2021. Show Your MAXimum Pride #BanggaMaximal.

”Modifikasi juga harus memperhatikan fungsi utama sepeda motor itu sendiri, karena itu apabila melakukan modifikasi jangan melupakan fungsi utamanya dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari,” papar Agus Hadi Purwanto yang akrab disapa Agus Iponk.

Ia menjelaskan, modifikasi motor Yamaha sebaiknya tetap menggunakan keunggulan yang disematkan pabrikan. Lebih lanjut Hadi memberikan tips untuk modifikasi motor :

1. Pilih motor yang mudah dimodifikasi

Menurut Agus, untuk modifikasi misalnya buat segmen MAXI Yamaha, sebaiknya tetap menggunakan keunggulan yang disematkan pabrikan. Contohnya saja untuk salah satu unggulan All New Nmax 155 Connected yaitu bagasi yang luas, tidak dimodifikasi dengan memasukkan seperangkat sound

“Menurut saya kan justru malah menjadikan fungsi bagasi menjadi kurang maksimal. Padahal, dengan bagasi luas Nmax dibuat oleh Yamaha untuk dapat memuat barang yang banyak,” tambah Agus.

2. Membuat konsep

Selain itu, ia melanjutkan, setelah menentukan konsep, perlu dicermati pula mengenai budget. Seorang modifikator, bisa menentukan budget untuk mengubah sebuah motor. 

"Menurut pengalaman saya ketika juara nasional waktu itu, saya menggunakan budget kurang lebih 40 juta. Itu worth it karena saya menang," jawab Hadi. 

3. Tantangan 

Namun, menurut Hadi memodifikasi motor tak semudah membalikan telapak tangan. Ada tantangan yang perlu dihadapi. 

"Tantangan modifikasi adalah disfungsional modif motor itu sendiri. Hasil modif motor tanpa mengurangi fungsi dari motor itu sendiri, justru modif yang kita aplikasi semakin menambah fungsi," ujar Hadi. 

Ia mengaku ketika memodifikasi motor dalam event CustoMAXI Yamaha membutuhkan waktu 2 bulan pengerjaan. 

"Kurang lebih 2 bulan pengerjaan dengan budget yang sudah ditentukan serta proses satu per satu pengerjaan modifikasi motor," tutur Hadi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tuangkan karakter masing-masing

Ia mengimbau, bagi para pemula yang ingin memodifikasi motor perlu menekankan konsep terlebih dahulu sebelum mengubah motor tersebut. 

"Konsep sih yang terpenting. Apalagi kini tren modifikasi tergantung selera dan karakter masing - masing," tuturnya. 

Ia melanjutkan setiap karakter modifikasi Yamaha NMAX bisa tergantung dari wilayah masing-masing peserta. Mereka bisa menonjolkan karakter dari wilayahnya. Selain itu, untuk aksesoris Agus menuturkan para pemula yang ingin memodifikasi motor bisa menggunakan aksesoris resmi dari Yamaha. 

“Salah satu aksesori resmi itu adalah pijakan kaki depan yang paling jamak digunakan para pengguna Yamaha NMAX,” tutur Hadi. 

5. Menunjang Lifestyle Terkini

Saat ini, Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS memiliki segudang fitur yang bermanfaat. Salah satu yang menjadi perhatian pecinta motor adalah canggih Y-Connect. Jadi motor bisa terkoneksi dengan smartphone milik pengendara. 

Menurut Agus, fitur dan teknologi unggulan lainnya seperti electric power socket dan Y-Connect pada All New Nmax 155 Connected juga sangat bermanfaat bagi konsumen dalam penggunaan harian maupun hobi touring

”Beragam fitur dan teknologi itu sudah disediakan oleh Yamaha sehingga konsumen tidak perlu menambahkannya lewat modifikasi agar motornya bisa punya fitur atau teknologi seperti itu. Sudah dimudahkan oleh pabrikan dan tidak ribet buat konsumen,” ungkap Agus.  

Ia melanjutkan, All New Nmax 155 Connected punya tampilan dan desain yang sangat menarik. “Body generasi terbaru Nmax sangat indah dan mengagumkan. Tidak membutuhkan banyak perubahan. Menurut saya, Nmax sangat luwes untuk dimodifikasi,” jelas Agus.

Tak hanya itu, dengan disematkannya ABS (Anti-lock Brake System) pada All New NMAX 155 Connected / ABS bermanfaat untuk mengurangi potensi ban terkunci saat pengendara melakukan rem secara mendadak. Bagi konsumen, kelengkapan fitur berkendara ini telah menjadi suatu kebutuhan dalam menggunakan sepeda motor. Kalau sudah begitu, makin nyaman deh berkendara bersama All New NMAX 155 Connected/ABS.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini