Sukses

Bocoran Waktu Peluncuran Motor Sport Tourer Terbaru Honda

Baru-baru ini, Honda Eropa merilis video teaser berjudul 'New Touring Era'. Diduga kuat, motor yang bakal diperkenalkan adalah Honda NT1100 yang dibangun menggunakan basis Africa Twin.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Honda Eropa merilis video teaser berjudul 'New Touring Era'. Diduga kuat, motor yang bakal diperkenalkan adalah Honda NT1100 yang dibangun menggunakan basis Africa Twin.

Di akhir video yang diunggah melalui kanal YouTube itu juga terdapat angka 21.10.2021 yang diperkirakan waktu peluncuran motor anyar tersebut.

Pada awal Februari 2021, Honda mengajukan permohonan ke Kantor Paten Eropa untuk mendaftarkan nama "NT 1100". Dengan melihat para pendahulu dari inisial NT, itu masuk akal.

Keseluruhan konsep ini mengingatkan kita pada Honda Deauville, model legendaris yang berasal dari Jepang.

Meski tidak pernah menjadi best seller, tetapi kualitas perjalanannya sangat dikenal. Ia diproduksi dengan mesin V2 bertenaga 65 Hp dan bertahan hingga 2012.

Terkait pengajuan merek, diketahui memiliki kode internal SC84. Bagi Honda, "S" mengacu pada mesin di atas 900cc dan "C" berarti street bike. NT1100 adalah proyek ke-84 Honda. Sebaliknya, CRF1100L Africa Twin adalah SD08, dengan "D" menunjukkan bahwa ini adalah model berkemampuan off-road.

Model baru dikabarkan menghasilkan tenaga yang sama dengan powerplant Afrika Twin. Ada diangka 101 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 104 Nm pada 6.250 rpm.

Sama seperti saudaranya yang suka bertualang, NT1100 juga bakal hadir dalam trim standar dan DCT. Transmisi semi-otomatis Honda tentu cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Namun, tidak seperti Honda Africa Twin, NT1100 sepertinya memiliki travel suspensi yang lebih sedikit, ground clearance sedikit rendah, dan jarak sumbu roda agak pendek. Rangka teralis juga digantikan dengan frame semi-double-cradle.

Ini mencirikan karakteristik kalau model anyar lebih ke arah on-road. Siluetnya juga menyerupai sport-tourer modern seperti BMW S 1100 XR.

Video tersebut juga memberikan beberapa petunjuk tentang seperti apa NT1100 nantinya. Dalam berbagai bidikan, terlihat kaca depan tinggi dengan dua deflektor angin yang lebih kecil di kedua sisinya. Kluster instrumen terlihat mirip dengan Africa Twin, dengan dua layar bertumpuk.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Touring

Di situ juga menunjukkan kemampuan touringnya. Melihatkan NT1100 yang telah dilengkapi dengan side case dengan topcase di belakang penumpang. Tapi sepertinya itu aksesori opsional.

Ada satu tampilan keseluruhan NT1100 dari depan, untuk menunjukkan lampu depan kembar ditambah sepasang lampu tambahan di kedua sisi roda depan.

Sementara buat dimensi dan berat lainnya sudah diketahui. Dalam dokumen persetujuan tipe, Honda menetapkan sekitar 238 kg untuk NT 1100 standar, dan sekitar 10 kilogram lebih berat untuk tipe transmisi DCT.

Beda dengan Africa Twin, ia menggunakan roda berukuran 17 inci. Sisa detail lainnya terungkap pada 21 Oktober 2021.

Sebagai informasi, sebutan seperti Crossover, all-rounder, sport tourer, atau adventure tourer, itu hanya berupa penamaan konsep saja, tergantung dari masing-masing pabrikan.

Dari situ kita bisa melihat lahirnya beberapa produk, macam BMW S 1000 XR, F 900 XR, Kawasaki Versys 1000, MV Agusta Turismo Veloce serta Yamaha Tracer 9.

Walau punya perbedaan label, semuanya menawarkan posisi duduk tegak dan perlindungan angin yang tepat. Mereka lebih layak menyandang kuda besi naked bike dinamis. Dan di segmen inilah Honda NT 1100 hendak masuk.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini