Cara Berkendara Motor yang Aman untuk Wanita

Oleh Arief Aszhari pada 14 Okt 2021, 18:14 WIB
Diperbarui 14 Okt 2021, 18:14 WIB
pengendara wanita
Perbesar
Wanita Memakai Kutek Saat Lampu Merah (Foto: TikTok @thereal_sadboyyy)

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor masih menjadi alternatif alat transportasi bagi masyarakat untuk berkegiatan, dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Baik pria maupun wanita, kini sudah dengan mudah mengendarai kendaraan roda dua, meskipun belum sepenuhnya mematuhi peraturan dan menggunakan perlengkapan berkendara dengan lengkap.

Melihat masih banyak para pengendara wanita yang mengabaikan keselamatan berkendara, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan tips cara berkendara motor agar tetap aman dan nyaman:

1. Memastikan perlengkapan berkendara, seperti membawa dokumen berkendara (STNK, SIM, KTP) serta menggunakan pakaian yang nyaman dan tertutup (masker, sarung tangan, jaket, helm tertutup, sepatu) untuk menghindari polusi, udara dingin atau panas, serta cedera saat berkendara.

2. Membawa barang pada bagasi atau bagian depan motor. Hindari meletakan barang diatas tangki bahan bakar karena dapat menutup saluran pernafasan tangki dan bisa membuat mesin tidak bisa dihidupkan.

Jika sering membawa banyak barang, dapat ditempatkan di dalam bagasi, atau dapat memanfaatkan gantungan (double hook) serta rak di bagian depan.

3. Turunkan kecepatan ketika ketika melewati jalan rusak, hindari jalan berlubang dan genangan air. Saat menghindar, pastikan tidak mengganggu kendaraan lain di belakang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

4. Apabila berkendara dengan membawa anak, pastikan posisi kaki anak berada dibagian pijakan kaki anak yang telah disediakan, jika memang motor yang dipakai sudah memiliki fitur tersebut.

5. Terakhir, parkir dengan menggunakan standar tengah yang terdengar sederhana namun menjadi tantangan bagi kaum wanita karena dianggap membutuhkan tenaga yang kuat, padahal kita hanya perlu mengandalkan berat badan saat melakukannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya