Sukses

Honda CB1100 Pensiun, Model Final Edition Diproduksi Terbatas

Honda CB1100 series akhirnya pensiun. Sebagai salam perpisahan, Honda Jepang merilis model Final Edition yang terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS.

Liputan6.com, Jakarta - Honda CB1100 series akhirnya pensiun. Sebagai salam perpisahan, Honda Jepang merilis model Final Edition yang terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS.

Postingan yang ramai dibicarakan di twitter Honda Jepang terdiri dari dua gambar dan tiga baris teks. Gambar pertama menjelaskan pengendara yang mengenakan jaket dan helm sepeda motor hitam bergaya vintage, terlihat dari belakang.

Dia mendorong CB1100 EX keluar dari garasi, dan seluruh gambar diselimuti bayangan. Sedang teksnya berbunyi “CB1100 EX/CB1100 RS Final Edition Coming soon”.

Gambar kedua adalah close-up sirip pendingin pada rakitan kepala silinder, seperti yang terlihat pada profil. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan oleh Honda di postingan ini.

Untungnya, para penggemar tidak perlu menunggu lama sebelum mereka bisa melihat apa yang dimaksud dengan Edisi Final ini.

Di sisi lain, Honda Taiwan secara resmi telah mengumumkan Honda CB1100 RS Final Edition 2021. Pengumuman itu juga menegaskan bahwa pihaknya menghentikan mesin berpendingin udara berkapasitas besar, yang tidak lagi memenuhi berbagai persyaratan emisi di pasar di seluruh dunia.

Sementara untuk Honda Jepang sendiri baru resmi merilis pada 8 Oktober 2021 dan mulai tersedia di dealer 28 Oktober 2021.

Lantaran regulasi emisi ketat di Eropa dan Amerika Serikat, Jepang menjadi negara terakhir untuk CB1100 series.

Pihaknya mengatakan bahwa pemesanan untuk model Final Edition ditutup pada 30 November, dan mungkin lebih awal jika permintaan tidak sesuai harapan. Secara total, perusahaan berencana membuatnya tebatas hanya 1.600 unit.

Versi EX mendapat dua skema warna, Candy Chromosphere Red yang menggunakan warna merah tua, dan Darkness Black Metallic dengan menonjolkan tampilan dasarnya. Pada tangkinya diberikan lis retro.

Fender depan dan belakang berlapis krom untuk meningkatkan kesan tradisional. Khusus di tipe EX menggunakan pelek model ruji.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilihan Warna dan Harga

CB1100 RS Final Edition hadir dalam dua warna yang melengkapi gaya naked sport. Matte Jeans Blue Metallic yang memiliki kesan modern dengan memadukan jok berwarna cokelat dan velg depan serta belakang berkelir cokelat keemasan. Lalu ada Magna Red yang menggunakan kombinasi jok hitam dengan kedua roda yang dicat sama.

Perbedaan antara keduanya tampak pada ukuran roda, pengunaan model stang, shock ganda belakang, serta warna di beberapa part. EX lebih mencerminkan kesan klasik, sedang RS kental dengan nuansa modern.

Buat komponennya masing-masing punya bekal yang sama. Rem radial Tokico, swingarm alloy, suspensi Showa dan semua versi memiliki stiker 'Edisi Terakhir' di atas tangki bahan bakar dan grafis baru.

Sementara buat jantung mekanis mengandalkan enjin 1.140 cc DOHC, 4-tak, 4-katup, 4-silinder segaris dan mengusung teknologi injeksi PGM-Fi. Ia mampu memberikan tenaga maksimum 88 Hp / 7.500 rpm dan torsi 91 Nm / 5.500 rpm.

Powernya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan. Dan sudah dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch.

Honda CB1100 EX Final Edition dibanderol 1.362.900 yen (Rp 170 jutaan). Sementara RS Final Edition 1.403.600 yen (Rp 175 jutaan). Kedua harga itu belum termasuk pajak atau off the road di Jepang.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini