Sukses

Inilah Sosok Toyota Rumion, MPV Terbaru Berbasis Suzuki Ertiga

Di Indonesia, produk kembar Toyota dengan Daihatsu sangatlah mudah ditemui. Untuk pasar global, Toyota juga rupanya merangkul pabrikan lain, misalkan saja di Afrika Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, produk kembar Toyota dengan Daihatsu sangatlah mudah ditemui. Untuk pasar global, Toyota juga rupanya merangkul pabrikan lain, misalkan saja di Afrika Selatan. Toyota bekerja sama dengan Maruti Suzuki, sehingga tak aneh jika banyak produk Suzuki menggunakan logo Toyota.

Dalam kerja sama tersebut Toyota kembali memakai nama Starlet di Afrika Selatan. Mobil yang sempat diminati kaum muda Indonesia tahun 80-90an ini terlahir kembali sebagai Suzuki Baleno hasil rebadge oleh Toyota menjadi Starlet.

Kini aliansi tersebut kembali melahirkan mobil baru. Pasalnya Toyota di Afrika Selatan baru saja merilis Rumion. Sama seperti Toyota Starlet di atas, Rumion diketahui sebagai Suzuki Ertiga di mana seluruh embel-embel Suzuki digantikan menjadi Toyota.

 

Mengutip situs toyota.co.za, Selasa (12/10/2021), Toyota Rumion tidak jauh berbeda dengan Suzuki Ertiga yang menjadi basisnya. Mobil tersebut masih mengusung bentuk Ertiga yang terlihat khas berkat atap floating serta lampu LED bar di belakang.

Perbedaan sedikit ditemukan pada bagian interior, di mana Ertiga pada umumnya menggunakan warna beige. Khusus untuk Rumion, bagian bawah kabin diselimuti warna hitam, bahkan lingkar kemudinya pun ikut diwarnai gelap. Hanya bagian atap mobil ini tetap berwarna beige.

Sementara untuk detail-detail interior lain seperti corak wood panel di setir dan dasbor, panel AC digital, armrest baris kedua, MID full color, serta lubang AC di cup holder konsol tengah tetap disematkan untuk Rumion di Afrika Selatan. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Keselamatan

Secara umum fitur keselamatan pada Toyota Rumion tidak berbeda dengan Suzuki Ertiga. Artinya Rumion telah dilengkapi dual airbags, kamera mundur, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan sensor parkir belakang.

Hanya saja peranti keselamatan Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) belum disematkan pada Rumion.

Toyota Rumion mengusung dapur pacu yang sama dengan Suzuki Ertiga di Indonesia. MPV itu menggunakan mesin 1.500cc K15B empat silinder segaris dengan output 103 hp dan torsi 135 Nm. Seluruh daya pacu disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan atau transmisi manual 5 percepatan.

Untuk harga, Toyota Rumion dibanderol mulai dari Rand 245.600 atau Rp 232 juta (dengan kurs Rand 1 = Rp 945,68). Sementara tipe termahal TX AT dijual Rand 317.200 atau Rp 300 juta.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Poin Penting Cegah Penularan Covid-19 pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini