Sukses

Hilangkan Kebiasaan Buruk Seperti Ini Saat Berkendara Motor

Berkendara motor di jalan merupakan kegiatan yang cukup berbahaya. Pasalnya, kecelakaan pastinya selalu mengintai para pengguna roda dua ini

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara motor di jalan merupakan kegiatan yang cukup berbahaya. Pasalnya, potensi kecelakaan selalu mengintai para pengguna kendaraan roda dua ini.

Jadi, para pengendara motor wajib hukumnya mematuhi seluruh peraturan berkendara agar tetap selamat. Terlebih, hindari melakukan kebiasan-kebiasaan buruk yang dapat membahayakan.

Dilansir Astra Motor, berikut kebiasan-kebiasan buruk yang wajib dihilangkan bagi pengguna motor:

1. Memodifikasi Motor Tidak Sesuai Aturan

Modifikasi motor memang merupakan hak setiap pemilik sepeda motor, semua orang bebas melakukan ubahan kendaraan agar terlihat berbeda.

Namun, sebelum modifikasi roda dua kesayangan, sebaiknya tetap mengikuti peraturan agar kondisi motor tetap aman.

Dalam modifikasi motor, jangan sampai ubah dimensi, mesin, knalpot, dan sebagainya yang melanggar undang-undang.

Modifikasi motor ini akan lebih baik bawa ke acara pameran otomotif untuk diperlihatkan keahlian dalam memodifikasi motor, namun jika untuk dikendarai di jalan, itu sangat dilarang.

2. Tidak Menggunakan Helm

Tidak menggunakan helm, paling sering menjadi kebiasaan buruk pengendara. Alasannya karena jarak tempuh dekat jadi tidak perlu menggunakan pelindung kepala tersebut.

Padahal sebagai pengendara bermotor juga harus memperhatikan keselamatan, karena menggunakan helm saat berkendara untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

Nah, untuk itu tetaplah menggunakan helm saat berkendara, meskipun jarak dekat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memaksa Berkendara Dalam Keadaan Yang Tidak Fit

Kebiasaan buruk yang ketiga ini banyak ditemukan di saat liburan mudik lebaran. Karena ingin cepat sampai, banyak pengendara motor yang mudik tetap memaksakan diri mereka untuk tetap berkendara, padahal keadaan tidak sedang fit.

Hal ini sangat berbahaya bagi Anda dan juga pengguna jalan lainnya.

Jadi jika kondisi badan sedang kurang baik, hindari berkendara dengan kendaraan sepeda motor, atau bisa juga beristirahat sebentar dan jangan terlalu memaksakan. Lebih baik menunggu kondisi benar-benar fit.

4. Tidak Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Kebiasaan buruk ini memang sudah tidak asing lagi, karena banyak pengendara bermotor yang tidak mematuhi peraturan.

Padahal lampu lalu lintas sudah disediakan agar mencegah terjadinya kecelakaan dan juga mengatur jalannya arus lalu lintas.

Jadi, wajib hukumnya untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas, agar tetap selamat di jalan.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini