Sukses

Ini Arti BL-SEV01, Motor Sport Listrik Garapan Universitas Budi Luhur

Berbicara nama BL-SEV01 sendiri, diambil merupakan singkatan dari Budi Luhur Sport Electric Vehicle generasi 01 atau pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan kendaraan listrik, baik mobil ataupun motor kini tidak hanya dilakukan oleh pabrikan otomotif besar. Berbagai universitas di Tanah Air, kini juga mulai menciptakan berbagai roda empat dan roda dua ramah lingkungan, seperti yang dilakukan oleh Universitas Budi Luhur (UBL).

Kampus yang terletak di Jakarta Selatan ini, berhasil menciptakan satu motor listrik bergaya sporty dengan konsep caferacer, bernama BL-SEV-01. Bahkan, motor ini telah berhasil dilakukan uji coba, dengan menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Berbicara nama BL-SEV01 sendiri, diambil merupakan singkatan dari Budi Luhur Sport Electric Vehicle generasi 01 atau pertama.

"Ide awalnya kita ingin mengembangkan sepeda motor listrik untuk kelas sport, high performance, dengan target para komunitas balap di sirkuit," jelas Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL, Sujono, kepada Liputan6.com, Rabu (13/10/2021).

Lanjut Sujono, hal tersebut sesuai dengan arahan ketua yayasan pendidikan Budi Luhur Cakti, yang memang memiliki hobi sport di bidang otomotif.

"Kebetulan beliau juga pernah ikut rally dakar dua kali. Ada keinginan untuk mewujudkan motor balap, tapi versi listrik. Itulah alasan dipilih nama BL-SEV-01," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Sebagai informasi, spesifikasi BL-SEV01 saat diuji coba dari Jakarta menuju Mandalika, dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini