Bersihkan Bagian Motor yang Berkarat dengan Cara Ini

Oleh Arief Aszhari pada 11 Okt 2021, 21:04 WIB
Diperbarui 11 Okt 2021, 21:04 WIB
Knalpot motor
Perbesar
Cara hilangkan karat di knalpot motor

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki motor dengan tampilan yang bersih dan kinclong menjadi keinginan banyak orang. Namun, terkadang masalah karat bisa terjadi, dan hal itu sangatlah bikin kesal.

Karat di knalpot atau bagian motor lainnya, memang sangat mengganggu. Terlebih, jika dibiarkan saja, karat juga bisa merusak besi motor. Maka dari itu pemilik roda dua perlu mengetahui langkah membersihkan masalah tersebut.

Dilansir laman Astra Motor, berikut beberapa langkah untuk membersihkan karat di motor:

1. Menggunakan Pertamax Plus

Bahan bakar pertamax plus ternyata bisa menghilangkan karat. Caranya, campur dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2.

Lalu oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat.

2. Oli Bekas

Menghilangkan karat dengan oli bekas, caranya juga gampang banget. Pemilik hanya perlu mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti leher knalpot.

Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas kurang lebih sekitar 1 atau 2 menit. Dengan bantuan panas, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor.

Bagian dalam seperti lubang knalpot juga bisa kamu bersihkan dengan oli bekas. Jika terdapat asap yang keluar dari mulut knalpot, kamu gak perlu panik ya.

3. Menggunakan Pembersih Keramik

Caranya yaitu, oleskanlah pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat, diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat hingga karat benar-benar hilang.

Tetapi pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk blok mesin. Jadi sebaiknya hindari menggunakan pembersih keramik di area tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Menghilangkan Karat dengan Stempet

Cara selanjutnya yaitu menggunakan gemuk atau stempet. Gemuk merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin.

Buat kamu yang sering utak-atik kendaraan pasti tidak asing lagi dengan gemuk ini ya, karena fungsinya yang bisa melumasi suku cadang motor.

Sifatnya yang lengket menjadikan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi (jika dibandingkan dengan oli).

Untuk bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk ini sering digunakan untuk mencegah karat di bagian tersebut. Pada rangka motor yang catnya sudah rusak juga bisa diaplikasikan dengan cairan ini.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi yang kamu pakai juga bisa digunakan untuk membersihkan karat, lho! Caranya yaitu oleskan pasta gigi di bagian motor yang berkarat, tunggulah beberapa menit dan gosok dengan kain lap.

Cara ini memang memang tidak instan, jadi kamu perlu mencobanya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi
Perbesar
Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya