Sukses

Cara Menghindari Sistem Pengereman Tak Berfungsi Normal

Sistem pengereman merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor. Oleh karena itu, komponen pada sistem pengereman harus diperiksa secara berkala dan agar dapat bekerja optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengereman merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor. Oleh karena itu, komponen pada sistem pengereman harus diperiksa secara berkala dan agar dapat bekerja optimal.

Jika rem bermasalah, biasanya hal ini terjadi karena pemilik mobil jarang melakukan perawatan rutin atau adanya gangguan pada minyak rem.

Menurut Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi, untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan rem saat mobil digunakan, pengendara mengecek berkala di bengkel resmi Suzuki. Di dalam paket pengecekan berkala, juga dilakukan pemeriksaan komponen rem.

“Pengecekan tersebut untuk mengganti dan memperbaiki bagian-bagian yang tidak berfungsi dengan baik,” kata Hariadi dalam keterangan tertulis Suzuki, Sabtu 9 Oktober 2021.

Hariadi juga menyebut ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara mobil untuk menghindari rem tidak berfungsi secara normal ketika sedang berkendara.

Pertama, mengurangi kecepatan ketika hujan atau jalanan basah. Ketika hujan atau jalanan basah, pengendara harus memperlambat laju kendaraan untuk menghindari penggunaan rem yang berlebih.

Kondisi hujan atau jalanan basah juga dapat menyebabkan kendaraan tergelincir jika menggunakan kecepatan tinggi.

Kedua, menghindari rem penuh di jalan yang menurun. Untuk menghindari mengerem penuh ketika jalanan menurun, gunakan trik engine brake untuk memperlambat kecepatan mobil dengan menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah.

Pengendara dapat menggunakan transmisi gigi rendah ketika melintasi jalanan menurun dan perpindahan dilakukan sebelum turunan tersebut.

Gunakan gigi 1 untuk mobil transmisi manual, dan L, 2, atau 3 untuk mobil dengan transmisi otomatis.

Ketiga, memeriksa lapisan ketebalan permukaan ban. Kondisi ketebalan lapisan permukaan ban sangat berpengaruh terhadap hasil dari pengereman terutama pada kondisi jalan licin dan basah.

Periksa secara rutin lapisan ketebalan ban terutama jika aktifitas pengereman sehari-hari dilakukan secara rutin. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalau Rem Tak Berfungsi Normal

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengendara mobil kalau remnya tidak berfungsi normal di tengah jalan.

Pertama, terus memompa rem. Langkah yang bisa dilakukan adalah terus memompa rem agar tekanannya kembali seperti sebelumnya.

Kalau dipompa, rem terasa berat atau kasar, mungkin terdapat sesuatu di bagian sistem rem. Segera kurangi laju mobil dan berhenti ke pinggir jalan untuk memeriksa bagian sistem rem.

Kedua, gunakan rem tangan. Tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di caliper roda. Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat.

Pengendara juga harus mengatur tekanan rem agar tidak kehilangan kendali. 

Ketiga, menekan tombol lampu hazard dan klakson. Langkah ini dilakukan untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain agar tahu rem mobil atau bagian kendaraan lainnya sedang bermasalah.

 

3 dari 4 halaman

Trik Lainnya

Keempat, jangan langsung mematikan mesin. Dianjurkan untuk tidak langsung mematikan mesin karena dapat menyulitkan untuk mengatur dan mengendalikan arah mobil karena pompa power steering akan mati sehingga setir akan terasa berat dan rem jadi tidak berfungsi secara normal.

Kelima, jangan menginjak pedal gas. Hindari menginjak pedal gas karena itu akan menambah kecepatan tinggi di mobil.

Keenam, menabrak benda yang lunak. Langkah ini dapat dilakukan apabila cara-cara yang di atas gagal dilakukan. Menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak (misal; gundukan tanah, tumpukan ban atau pasir) bisa mengurangi atau menghentikan lajunya kendaraan.

Ketujuh, arahkan ke jalur evakuasi. Arahkan kendaraan ke jalur evakuasi jika mengalami rem tidak berfungsi secara normal.

Jalur evakuasi biasa terdapat pada sisi kiri jalan tol terutama untuk jalan tol yang menurun. Kondisi jalan evakuasi berupa jalan tanjakan dan di ujungnya terdapat gundukan tanah atau tumpukan ban.

Sumber: Dream.co.id

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini