Sukses

Google Maps Sematkan Fitur Rute Perjalanan yang Bikin Bensin Lebih Irit

Google Maps sudah menjadi aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh pengguna kendaraan bermotor. Demi memanjakan penggunanya, Google selalu menyematkan fitur-fitur baru yang bermanfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Google Maps sudah menjadi aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh pengguna kendaraan bermotor. Demi memanjakan penggunanya, Google selalu menyematkan fitur-fitur baru yang bermanfaat.

Baru-baru ini Google telah meluncurkan fitur baru untuk Maps-nya. Kini Google Maps telah dilengkapi dengan fitur pencarian rute paling hemat bahan bakar, meskipun bukan yang tercepat.

Dilansir Carscoops, Sabtu (9/10/2021), inovasi ini didasarkan pada Artificial intelligence (AI) dan pengalaman dari Departemen National Renewable Energy Laboratory (NREL) Amerika Serikat. Memungkinkan Google Maps menunjukkan rute paling ramah lingkungan kepada pengendara.

"Perutean ramah lingkungan Google Maps tidak hanya membawa teknologi hemat bahan bakar NREL dari lab ke jalan, tetapi juga memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi secara signifikan dan menghemat uang pengemudi untuk bahan bakar, sesuatu yang baik bagi manusia dan planet ini," kata pihak NREL.

Sementara itu, Google memperkirakan bahwa fitur baru ini mampu menghemat lebih dari satu juta ton emisi karbon per tahun. Artinya klaim ini setara dengan tak ada lebih dari 200 ribu mobil di jalan raya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkiraan CO2

Pengendara bisa melihat perkiraan CO2 yang dihasilkan saat melewati rute yang dipilih. Sehingga para pengendara kendaraan bisa memilih antara rute paling efisien untuk konsumsi BBM atau memilih yang tercepat, tergantung prioritas mereka.

Sayangnya teknologi baru ini belum diluncurkan di seluruh negara. Pihak Google masih berencana akan meluncurkannya di Amerika Serikat dan Eropa. Untuk negara-negara lainnya akan menyusul di kemudian hari.

Rute Pesepeda

Tak hanya itu saja, Google juga telah meluncurkan fitur baru khusus untuk pesepeda. Google telah meluncurkan navigasi ringan yang akan memudahkan para pesepeda.

Memungkinkan menampilkan petunjuk paling penting tanpa harus melihat layar dan membuka kunci smartphone. Dengan begitu informasi penting akan tampil di layar utama. Sehingga pesepeda dapat menyimak rute tanpa harus masuk ke navigasi.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.