Sukses

Biar Awet, Begini Cara Merawat Smart Key System

Smart Key System tetap butuh perawatan agar kunci pintar ini awet dan dapat dimanfaatkan lebih optimal untuk mendukung kegiatan berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa sepeda motor Honda telah dilengkapi Smart Key System, di antaranya Honda Scoopy, Vario 150, ADV 150, dan PCX 160. Fitur ini membantu pemiliknya untuk mengoperasikan sepeda motor tanpa anak kunci.

Namun Smart Key System tetap butuh perawatan agar kunci pintar ini awet dan dapat dimanfaatkan lebih optimal untuk mendukung kegiatan berkendara.

"Tentunya, pengendara perlu mengetahui cara penggunaan dan perawatan yang tepat untuk dapat menggunakannya secara optimal," ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM)

Hendro lantas menyarankan beberapa hal yang harus mendapat perhatian dalam merawat Smart Key System. Berikut tipsnya:

1. Hindari Menekan Tombol Terlalu Keras

Tekanan yang berlebih pada remote smart key dapat menimbulkan kerusakan. Tekan tombol remote sewajarnya saat mengaktifkan atau menggunakan fitur yang tersedia pada Honda Smart Key System dan hindari jatuh dari ketinggian.

2. Hindari Air dan Sinar Matahari

Sebisa mungkin hindari air masuk dari sela-sela remote karena berpotensi menimbulkan kerusakan pada Honda Smart Key System akibat hubungan pendek arus listrik.

Jika terkena air atau basah, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Selain itu hindari terkena sinar matahari terlalu lama karena akan merusak komponen terkait.

3. Jangan Menaruh Remote dalam Bagasi

Tidak dianjurkanmenaruh smart key di dalam bagasi motor atau di tempat-tempat yang dapat berpotensi tertinggal dan menjadikan motor bisa dioperasikan oleh orang lain.

Pastikan pula remote selalu melekat pada pemiliknya. Bisa diletakan di dalam tas atau di saku guna mengurangi potensi remote smart key hilang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Hindari Radiasi Elektromagnet

Jauhkan Smart Key System dari benda-benda yang menghasilkan gelombang radio seperti televisi, komputer/laptop, handphone, tower pemancar karena berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remote Smart Key System.

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Simpan ID Tag di tempat yang aman dan jangan memberitahukan kode ID Tag kepada orang lain. ID tag berfungsi sebagai alat untuk mengoperasikan sepeda motor dalam kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key System hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti.

6. Menyimpan Smart Key Cadangan di Rumah

Jika berkendara, cukup membawa satu Smart Key. Sebab jika hilang atau lupa menaruhnya, masih ada cadangan remote smart key lainnya di rumah.

7. Pastikan Posisi Off saat Tidak Digunakan

Jika sudah sampai tempat tujuan, pastikan posisi sepeda motor dikunci setang dan remote posisi off, agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus.

Indikator Honda Smart Key System ada di posisi off adalah lampu berwarna merah pada remote dan akan menyala saat ditekan.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini