Sukses

Daihatsu Bakal Produksi CVT di Indonesia, Dipakai untuk Xenia-Avanza?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan akan melakukan produksi lokal untuk salah satu komponen utama, yaitu transmisi, termasuk continuously variable transmission (CVT)

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan akan melakukan produksi lokal untuk salah satu komponen utama, yaitu transmisi, termasuk continuously variable transmission (CVT) yang saat ini sudah digunakan untuk Rocky. Namun, untuk kapan waktu pastinya jenama asal Jepang ini mulai produksi komponen tersebut secara lokal, masih belum dijabarkan secara detail.

Dijelaskan Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT ADM, memang CVT dan beberapa komponen yang berhubungan dengan mesin masih dari luar alias impor. Tapi, secara bertahap akan dilakukan lokalisasi dan tentu saja agar konten lokal produknya lebih maksimal.

"Secara bertahap, untuk memaksimalkan industri dan kapabilitas di ADM, kita sudah merencanakan produksi lokal, termasuk CVT ke depannya akan kita produksi lokal," jelas Anjar, di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Masih menurut Anjar, memang terkait lokalisasi beberapa komponen utama ini, berkaitan dengan regulasi dari pemerintah. "Dalam lima tahun, sudah lokal CVT, mesin, dan penggerak lainnya," tegasnya.

Sementara itu, Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning & Communication PT ADM menjelaskan terkait produksi lokal CVT ini, pihaknya akan segera mengikuti ketentuan dari pemerintah. Jadi, jika memang komponen ini harus segera dilokalisasi, maka akan segera dilakukan oleh pihak Daihatsu di Indonesia.

"Sudah dipersiapkan semua (produksi lokal CVT)," tegasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipakai Xenia-Avanza?

Ketika ditanya terkait CVT lokal ini juga akan digunakan oleh model baru lainnya, seperti duet mobil sejuta umat, Xenia dan Avanza, perempuan yang akrab disapa Amel ini, memang masih enggan membeberkan secara lengkap.

"Nanti ini (Daihatsu Rocky) juga akan diganti dengan lokal (CVT). Saat ini, baru ini dan jika produk barunya ada, nanti dipakai," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.