Sukses

Ini Alasan Mazda Indonesia Fokus Sasar SUV Ketimbang MPV

PT Eurokars Motor Indonesia sebagai APM Mazda di Indonesia menyatakan model SUV menjadi fokus utama. Kenapa tidak MPV?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif Tanah Air begitu beragam. Namun demikian PT Eurokars Motor Indonesia sebagai APM Mazda di Indonesia menyatakan model SUV menjadi fokus utama. Jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) tak masuk dalam rencana mereka. 

Sebenarnya Mazda juga memiliki line up lain seperti Mazda2 Hathcback, Mazda3 Hatchback, Mazda3 Sedan, Mazda6 Sedan dan Mazda6 Estate.

Namun terlihat jika dari model-model tersebut tidak ada produk di segmen MPV. Ketika masih dipegang Mazda Motor Indonesia, sempat ada Mazda5, Mazda8, dan Mazda Biante.

Ricky Thio Managing Director PT EMI mengatakan sesuai tren pasar baik internasional maupun nasional, SUV merupakan segmen yang berkembang pesat. Selain itu Mazda juga punya koleksi lengkap SUV mulai dari crossover hingga premium.

"Sesuai komitmen, kami membawa semua model Mazda. Setelah 5 tahun arahan global adalah memasarkan SUV, tidak ada lagi model-model MPV. Sebelumnya Mazda memang sempat membawa Mazda5, Mazda8, dan Biante," kata Ricky Thio.

Tapi sekarang Eurokars tidak menjual lagi, tepatnya sejak 2017. Meski tak menjajakan MPV yang notabena segmen terlaris di Indonesia, Ricky Thio mengatakan keluarga SUV Mazda cukup laris di pasar.

"CX Series jadi penting dan backbone dari Mazda di Indonesia. Ke depan akan ada perkembangan dan penyegaran CX Series. Konsumen Indonesia suka dengan model-model SUV di kelas middle and up. Itulah yang kita siapkan. Mazda CX Series ada 5 model mulai dari bawah sampai premium," katanya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

CX Series

Kenny Wala, selaku Product Planner PT EMI mengatakan SUV Mazda memiliki karakter sesuai dengan segmen yang dituju. CX sendiri merupakan terjemahan dari crossover and sportscar. "Hal ini menunjukkan karakter dan kemampuan mobil produksi Mazda," kata dia.

Mazda CX-3 1.5L Sport diperkenalkan pada tahun 2017 dan terus menjadi mobil impian bagi pencintanya. Ia bahkan dinobatkan sebagai Best Product Development Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive.

Di atasnya ada CX-5. Nah, ini adalah model pertama yang hadir di Tanah Air. Di bawah bendera PT EMI, CX-5 hadir sejak 2017 dan selalu menyumbangkan angka penjualan terbaik sejak diluncurkan. Ia jadi alternatif bagi penggemar kelas SUV menengah.

Pada tahun 2018, PT EMI menghadirkan Mazda CX-8 yang merupakan big SUV yang memberikan kenyamanan, keamanan sekaligus kenikmatan berkendara khas Mazda.

Di tahun yang sama PT EMI juga memperkenalkan Mazda CX-9, premium SUV dari Mazda yang kemudian dilanjutkan dengan Mazda CX-9 AWD satu tahun setelahnya. Inilah kakak terbesar dari CX Series.

Sementara Mazda CX-30 menjadi keluarga terbaru CX Series. Pada 2020 crossover Mazda ini hadir dan sudah mengadopsi teknologi Mazda 7th Generation.

Ricky Thio mengatakan sudah menjadi komitmen PT EMI untuk menghadirkan pilihan model-model terbaik Mazda dan teknologi terbaru serta dukungan layanan purna jual khas Mazda.

“Di masa mendatang, produk dan teknologi terbaru Mazda akan memastikan konsumen kami terus melihat nilai-nilai terbaik dalam memiliki Mazda. Mazda ingin dapat diakui sebagai merek yang memiliki ikatan terkuat dengan setiap pelanggan kami,” katanya.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.