Sukses

Motor Habis Terabas Genangan Air, Segera Bersihkan Lima Komponen Ini

Tak hanya saat hujan, terkadang banyak ruas jalan yang menjadi kotor akibat air yang menggenang dan tak ada pilihan lain selain menerabasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya saat hujan, terkadang banyak ruas jalan yang menjadi kotor akibat air yang menggenang dan tak ada pilihan lain selain menerabasnya.

Menunda membersihkan kotoran yang menempel di body motor hanya akan membuat menjadi noda dan membuat penampilan tunggangan kamu jadi kusam.   

Dikutip dari Federal Oil, Senin 4 Oktober 2021, ada beberapa komponen sepeda yang harus dibersihkan setiap kali habis dipakai menerabas hujan atau genangan air.

Komponen pertama yang harus menjadi perhatian adalah rem. Letak rem berada di dekat roda dan membuatnya rentan terciprat pasir dan lumpur.

Kalau tak segera dibersihkan, kinerja rem akan turun bahkan bisa berdecit ketika motor dijalankan.

Kedua, Blok Mesin

Setelah rem dipastikan aman dan bersih, komponen kedua yang waktunya memeriksa blok mesin. Lumpur yang mengenai mesin juga bisa membuat kinerjanya berkurang.

Sahabat Dream tentu tahu mesin harus melepaskan panas dari dalam. Lumpur atau kotoran yang menempel hanya akan membuatnya sulit melepaskan panas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketiga, gir dan rantai

Motor yang sering kehujanan berpeluang besar rusak di bagian rantai dan gir. Komponen ini bisa lekas berkarat. Kondisi ini juga berlaku kalau rantai dan gir sering terciprat lumpur.

Keempat, tutup busi

Meskipun bentuknya kecil, busi punya peran yang cukup penting. Dia berfungsi sebagai alat penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. Kalau tutup busi rusak karena air hujan atau lumpur, ini akan menghambat proses pengapian, bahkan membuat motor mogok.

Kelima, suspensi

Ada juga suspensi yang rentan terhadap air hujan dan lumpur. Suspensi yang dibiarkan kotor akan mengeluarkan suara seperti berdecit ketika berkendara.

Suspensi biasanya dibalut oleh minyak pelumas. Kalau sering terkena air hujan, ini akan membuatnya lebih cepat kering.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini