Sukses

Avanza dan Xenia Baru Meluncur Sebentar Lagi, Intip Bocoran Ubahannya

Model baru dari duet low multi purpose vehicle (LMPV) dari Toyota dan Daihatsu, Avanza dan Xenia dikabarkan bakal meluncur dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Model baru dari duet low multi purpose vehicle (LMPV) dari Toyota dan Daihatsu, Avanza dan Xenia dikabarkan bakal meluncur dalam waktu dekat. Sederet bocoran ubahan dari mobil keluarga kelas bawah pabrikan asal Jepang ini, sudah mulai bermunculan.

Pertama, pembaruan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang paling disoroti adalah sistem penggeraknya. Di generasi sebelumnya, dua mobil ini mengadopsi gerak belakang, sedangkan untuk model baru nanti digadang-gadang akan menjadi gerak depan.

Hal tersebut, menyusul penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang menggunakan sistem penggerak roda depan, seperti halnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Ubahan kedua, adalah transmisi CVT. Hal ini, terungkap dari data mengenai tipe dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) terpampang di situs pemerintahan. Terdapat kode W100RE, yang diyakini merupakan Toyota Avanza baru.

Terdapat empat varian dan sembilan tipe untuk Toyota Avanza baru ini, mulai dari E, G, Veloz, hingga Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). Sementara penggunaan mesin tak berubah, dengan tetap menggunakan mesin berkapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter naturally aspirated.

Soal performa kendaraan, tersedia mekanikal pacu 1.329 cc (1,3 liter) yang memiliki tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Pilihan kedua berkapasitas 1.496 cc (1,5 liter) 4 silinder.

Tipe ini menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,4 Nm pada 4.200 rpm. Tapi ketika sistem distribusi energi kinetik diganti dari model matik konvensional ke CVT (Continous Variable Transmission).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daihatsu Xenia

Sementara itu, diambil dari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, model baru Daihatsu ini memiliki dua model anyar, dengan kode W100RG dan W101RG. Keduanya, mengusung mesin berkapasitas 1.300cc dan 1.500cc.

Sementara itu, tipenya sendiri, ada lima tipe untuk W100RG dan W101RG tiga tipe.

Selain itu, untuk sistem transmisinya, model baru ini akan mendapatkan pilihan manual dan juga continuously variable transmission atau CVT. Transmisi yang disebutkan terakhir tersebut, memang sudah digunakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), untuk model Rocky.

Sedangkan informasi lainnya, model pesaing Mitsubishi Xpander dari Daihatsu ini akan menggunakan teknologi keselamatan advance driver assistance system atau ADAS. Lagi-lagi, teknologi ini sendiri sudah terbenam di model baru Daihatsu Rocky.

Kemudian, ada juga teknologi Advanced Safety Assist atau ASA yang akan dibenamkan di model baru di segmen low LMPV dari pabrikan Jepang tersebut.

Sedikit informasi sebelumnya, Toyota sendiri juga menyiapkan teknologi canggih untuk model baru ini, yaitu Toyota Safety Sense atau TSS.

Menyinggung soal TSS untuk Toyota Avanza, bakal terdapat di varian G CVT TSS dan Veloz Q. Jadi, konsumen dapat mendapatkan berbagai fitur keselamatan, seperti Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Selanjutnya sisipan Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, juga Blind Spot Monitoring.

Perangkat standar senantiasa dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS). Juga bantuan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) agar kian optimal menghela laju mobil. Ini yang belum ada.

Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) saatnya diberikan di Avanza 2022. Sisanya terus dipertahankan seperti Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Alarm + Immobilizer. Diikuti pula ISOFIX plus Side Impact Beam.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.