Sukses

Oli Gear Punya Peran Penting, Periksa Selalu Kondisinya dan Ganti Secara Rutin

Seperti halnya oli mesin, oli gear juga memiliki peran penting yaitu untuk melumasi komponen-komponen pada sistem transmisi.

Liputan6.com, Jakarta - Pada sepeda motor jenis skutik terdapat dua (2) jenis oli atau pelumas yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gear. Seperti halnya oli mesin, oli gear juga memiliki peran penting yaitu untuk melumasi komponen-komponen pada sistem transmisi.

"Melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar," terang Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Disebutkan, oli gear atau yang kerap disebut oli gardan ataupun oli transmisi memiliki peran dan fungsi untuk melumasi komponen yang bergerak seperti gear dan bearing-bearing transmisi agar tidak cepat aus.

"Jika aus akan menimbulkan bunyi pada sepeda motor saat digunakan," kata Riyadi.

Selain itu, oli gear juga berfungsi untuk melindungi gear dan bearing dari korosi atau karat, serta peredam getaran suara pada transmisi. Karena memiliki peran penting, maka oli gear harus diperiksa secara rutin.

"Pastikan memeriksa kondisi oli mesin dan oli gear maksimal setiap kelipatan 3.000 km atau 3 bulan. Kemudian wajib mengganti oli gear maksimal setiap kelipatan 12.000 KM atau 12 bulan sekali untuk mendukung kinerja sepeda motor tetap optimal dan mencegah komponen gear cepat aus," jelas Riyadi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periksa Kondisi Oli Gear Sendiri

Untuk memeriksa kondisi oli gear, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Posisikan sepeda motor dengan standar tengah di atas bidang yang rata

2. Buka penutup oli gear, periksa kondisi oli gear dengan memasukan obeng dengan panjang minimal 15 cm ke dalam lubang. Pastikan obeng dalam kondisi kering sebelum dimasukan

3. Lihat warna oli pada obeng yang telah dimasukan sebelumnya. Oli dengan kualitas baik umumnya berwarna bening dan kental, sedangkan oli yang sudah tidak baik berwarna hitam dan encer

4. Untuk mengecek kebocoran pada oli gear, periksa seal pada penutup lubang pengisian oli dan baut pada lubang pembuangan dalam keadaan baik dan bersih.

Jika seal sobek/getas dan lubang pembuangan kotor menjadi indikasi kebocoran oli gear, sehingga perlu pemeriksaan ke bengkel resmi Yamaha terdekat.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini