Sukses

Toyota Avanza Diskon Belasan Juta Rupiah, Pertanda Kehadiran Model Baru?

Meskipun belum ada informasi resmi dari pihak APM, rupanya kabar Toyota Avanza akan mendapatkan pembaruan sudah beredar. Informasi Toyota Avanza ini datang dari tenaga penjual yang mulai menawarkan diskon besar untuk unit-unit Toyota Avanza terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun belum ada informasi resmi dari pihak APM, rupanya kabar Toyota Avanza akan mendapatkan pembaruan sudah beredar. Informasi Toyota Avanza ini datang dari tenaga penjual yang mulai menawarkan diskon besar untuk unit-unit Toyota Avanza terbaru.

"MPV Avanza akan ada pembaruan besar di akhir tahun. Bentuknya berbeda dari yang saat ini. Maka unit-unit saat ini sedang didorong untuk dihabiskan,” ucap salah seorang tenaga penjual Toyota yang dihubungi Oto.com beberapa waktu lalu.

Meski pihak Toyota menutup informasi dengan rapat, namun dari sisi penjualan di tingkat konsumen cukup terasa. Salah satunya dari tawaran diskon Avanza yang kini lebih dari Rp 10 juta. “Saat ini diskon yang diberikan untuk Avanza bisa di angka Rp 15 juta sampai Rp 16 juta. Kalau dibandingkan dengan beberapa waktu lalu mungkin mentok di Rp 8 jutaan. Jangan lupa besaran diskon ini juga masih ditambah diskon PPnBM,” ucap tenaga penjual Toyota lainnya.

Soal harga Avanza terbaru, beberapa tenaga penjual Toyota di sekitar Jabodetabek punya perkiraan tersendiri. Jika melihat ubahan facelift Avanza di 2019, perkiraan harga untuk model terbaru bisa lebih dari Rp 20 jutaan.

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Informasi Avanza Terbaru

Sampai saat ini, tanda kemunculan Avanza terbaru hadir dari situ milik pemerintah, yakni dari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 40 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam lampiran tersebut, baik Daihatsu maupun Toyota, memberikan kode untuk model terbaru. Daihatsu memberikan kode W100RG untuk tipe mesin 1.300 cc dan W101RG untuk kapasitas 1.500 cc. Toyota menggunakan kode W100RE untuk mesin 1.300 cc dan W101RE untuk mesin 1.500 cc.

Dari kode tersebut juga diperlihatkan adanya opsi transmisi manual dan otomatis CVT. Khusus di varian teratas tercantum teknologi keselamatan ASA (Advanced Safety Assist) dan TSS (Toyota Safety Sense). Fitur ini sebelumnya sudah hadir di model Rocky dan Raize. 

Dari daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Avanza 2022, terlihat untuk varian terbawah dengan transmisi manual dijual Rp 157 juta. Varian teratas dengan mesin 1.5 dan transmisi CVT berteknologi TSS ada di angka Rp 227 juta.

3 dari 4 halaman

Mesin

Performa mesin terbaru ini seharusnya lebih besar dari mesin saat ini. Mesin saat ini yakni 1.329 cc menghasilkan tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1.496 cc 4 silinder, hadir di varian teratas dan Veloz, menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,4 Nm pada 4.200 rpm.

Paling menarik tentu melihat transmisi CVT yang menggantikan transmisi otomatis konvensional. Pengaruhnya semoga saja membuat mobil lebih bertenaga, nyaman digunakan serta lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Soal fitur ADA dan TSS, sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan yang dipakai di Rocky dan Raize. Terdapat fitur pre-collision system, adaptive cruise control, front departure alert, lane departure assist with steering assist. Lalu ada pedal misoperation control, rear cross traffic alert dan blind spot monitoring.

MPV Toyota ini juga pastinya akan dilengkapi fitur keamanan standar seperti ABS, EBD dan tambahan terbaru yang saat ini hadir di beberapa produk toyota adalah Hill Start Assist dan vehicle stability control. Selain itu ada seatbelt with pretensioner & force limiter, seatbelt warning, rear parking sensor, rear parking camera, alarm + immobilizer, ISOFIX dan side impact beam. 

Lantas kapan waktu kehadiran Avanza terbaru ini? Jika perkiraan benar, model terbaru Avanza ini yang akan menjadi bintang utama Toyota di lantai pameran otomotif nasional November mendatang. Jadi siap-siap bagi Anda yang mengincar MPV terbaru di rumah. 

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis Hoaks Terkini Seputar Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.