Sukses

Secepat Isi Bensin, Baterai Ini Hanya Perlu Waktu Pengecasan 90 Detik

Perusahaan baterai Mahle Powertrain dan Allotrope Energy, resmi meluncurkan baterai lithium-karbon terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan baterai Mahle Powertrain dan Allotrope Energy, resmi meluncurkan baterai lithium-karbon terbaru. Penyimpan daya untuk motor listrik ini, diklaim mampu melakukan pengisian super cepat, dengan hanya butuh waktu 90 detik.

Dilansir Carscoops, pembuatan baterai ini menggunakan material yang tidak biasa, yaitu tidak melibatkan rare earth elements (REE) atau material logam yang biasa digunakan untuk industri baterai kendaraan listrik.

Dalam pengembangannya, perusahaan baterai ini menggabungkan superkapasitor dengan baterai lithium-ion tradisional.

Susunan baterai ini memiliki fitur anoda tipe tingkat tinggi, dan katoda gaya kapasitor lapis ganda listrik (EDLC) berkapasitas tinggi yang dipisahkan elektrolit organik.

Jadi, baterai ini tidak mengalami efek degradasi termal, dari baterai berbasis lithium dan juga stabil di suhu tinggi.

Hal ini memungkinkan, pengiriman arus tinggi dan pengisian cepat dimungkinkan terjadi, tanpa pendinginan eksternal yang rumit atau sistem manajemen baterai yang rumit.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Internal

"Kekhawatiran baterai habis sering menjadi penghalang bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Tetapi jika baterai dapat diisi ulang secara cepat, kami yakin rasa khawatir itu akan hilang," ujar Mike Bassett, Kepala Penelitian Mahle Powertrain.

Sebagai informasi, saat pengujian internal yang dilakukan di skuter listrik (moped), jarak tempuh baterai hingga 25 km dengan kapasitas baterai lithium-ion 500kWh dengan lama pengisian 30 menit. Tapi, dengan baterai lithium-karbon ini, dapat diisi dengan kapasitas 20kW hanya dalam 90 detik, dan akan bertahan lebih lama.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.