Pertolongan Pertama Saat Lampu Sein Motor Kesayangan Mati

Oleh Arief Aszhari pada 23 Sep 2021, 09:02 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 09:02 WIB
Aksesori Motor
Perbesar
Lampu sein aftermarket. (GMA)

Liputan6.com, Jakarta - Sein motor menjadi salah satu komponen yang memiliki peranan yang cukup penting saat berkendara. Berfungsi memberikan kode atau tanda ketika hendak berbelok atau berhenti, agar pengendara lain tahu dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Dengan pentingnya fungsi sein, wajib bagi pemilik motor untuk merawatnya. Pasalnya, jika sein mati, pengendara motor akan kesulitan memberikan tanda kepada pengendara lain.

Jadi, ketika mengetahui lampu sein mati sebelah atau keduanya, pemilik harus mencari penyebab dan segera memperbaikinya. Membiarkan sein motor mati dalam waktu yang lama akan membuat keamanan motor berkurang, sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

Melansir laman resmi Federal Oil, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika sein motor mati sebelah agar tetap aman berkendara.

Periksa Jalur Output Flasher Sein dan Ganti Flasher Sein jika Rusak

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab sein motor mati sebelah dikarenakan beberapa hal, dan salah satunya adalah terjadi masalah pada flasher sein.

Jika sein motor tiba-tiba mati, maka dapat mencoba untuk memeriksanya sendiri dengan mengecek jalur output flasher sein terlebih dahulu.

Pastikan bahwa jalur output flasher sein tidak tersendat oleh debu maupun terjadi kerusakan di dalamnya. Apabila tidak ada kotoran yang menyebabkan aliran listrik tersendat, maka kemungkinan flasher seinnya yang mengalami kerusakan, sehingga harus segera mengganti dengan yang baru yaitu dengan part original yang bisa didapatkan di bengkel resmi terdekat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Membersihkan Saklar yang Kotor atau Mengganti dengan yang Baru

Jika sein motor mati sebelah disebabkan oleh saklar yang kotor bagian dalamnya, cobalah untuk melepaskannya terlebih dahulu. Sebelum dipasangkan kembali,pemilik motor bisa menyemprotkan contact cleaner untuk membersihkan saklar tersebut.

Apabila keadaan saklar mengalami kerusakan, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Harga yang perlu dikeluarkan juga tidak terlalu besar, bahkan bisa lebih murah dari harga flasher sein.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya