Sukses

Ini Model yang Menguasai Segmen Mobil LCGC

Low cost green car (LCGC) menjadi salah satu jenis kendaraan yang diminati di pasar otomotif nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Low cost green car (LCGC) menjadi salah satu segmen kendaraan yang diminati di pasar otomotif nasional.    

Tercatat ada empat brand Jepang yang berebut ceruk mobil LCGC, di antaranya Toyota, Daihatsu, Honda dan Suzuki. Jika Toyota dan Daihatsu bermain di kelas LCGC 5 dan 7-seater, Honda dan Suzuki hanya sebatas 5 penumpang.

Berdasarkan data wholesale sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di sepanjang Agustus 2021, total penjualan LCGC seluruh segmen mencapai 14.027 unit.

Dari jumlah tersebut, LCGC 5 penumpang terjual 5.249 unit, dan 8.778 unit pada segmen 7 penumpang.

Dari total wholesale sales LGCC 5 penumpang selama Agustus 2021, Daihatsu Ayla cukup perkasa dibandingkan lawan-lawannya dengan angka penjualan 2.110 unit.

Honda Brio Satya menyusul di posisi kedua dengan capaian 1.481 unit, lalu Toyota Agya dengan catatan 1.304 unit, dan paling buncit diisi Suzuki Karimun sebanyak 354 unit.

Pencapaian Daihatsu tidak terlepas dari tawaran pilihan yang lebih beragam dibandingkan pesaing terdekatnya, Honda Brio Satya. Daihatsu Ayla menyediakan 8 pilihan tipe di kelas LCGC 5 penumpang.

Tapi menariknya, meski Toyota Agya terdiri dari 11 varian, penjualannya kalah dibandikan Honda Brio Satya yang hanya punya 3 tipe. Sedangkan Suzuki Karimun hanya menyodorkan 5 varian.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

LCGC 7 Penumpang

Sementara di kelas LCGC 7 kursi hanya diisi dua pemain, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Total wholesale sales segmen ini pada Agustus 2021 sebanyak 8.778 unit.

Dari total jumlah tersebut, Daihatsu Sigra menempati urutan pertama dengan volume penjualan 4.859 unit, sedangan Toyota Calya sebanyak 3.919 unit.

Pada segmen ini jumlah varian Daihatsu Sigra lebih banyak dibandingkan Toyota Calya. Total Daihatsu Sigra memiliki 6 varian, sementara Toyota Calya menawarkan 4 pilihan.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini