Sukses

Yamaha Hadirkan Tiga Model World GP 60th Anniversary Edition

Yamaha Motor Corporation membuat livery khusus bertajuk 'World GP 60th Anniversary Edition' untuk motor sport R-Series 2022 yang meliputi YZF-R3, YZF-R7 dan YZF-R1

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Motor Corporation membuat livery khusus bertajuk 'World GP 60th Anniversary Edition' untuk motor sport R-Series 2022 yang meliputi YZF-R3, YZF-R7 dan YZF-R1. Disebutkan, livery khusus ini merupakan cara Yamaha dalam  memperingati ulang tahun ke-60 di balapan World Grand Prix.

Membuka kembali catatan sejarah, Yamaha memasuki seri Grand Prix Dunia pertamanya pada 1961. Saat itu diwakili oleh pembalap Fumio Ito dan Taneharu Nogushi. Keduanya mewakili tim berlogo garpu tala di kelas 250cc yang berlaga di Sirkuit de Charade.

Kemudian pabrikan Jepang ini mencetak kemenangan perdana di kelas 250cc pada 1963 dan memenangkan kejuaraan pertamanya di 1964. Di masa itulah Yamaha mulai menggunakan fairing putih dengan skema blok merah solid.

Livery itu juga menjadi cikal bakal munculnya Speedblock. Pada 1973, Yamaha YZR500 (0W20) juga menampilkan bodi putih dengan garis merah, dan desainnya kemudian menjadi livery tradisional Yamaha. Motif tersebut cukup lama digunakan sebelum akhirnya berubah menjadi warna biru seperti saat ini.

Semua model 'World GP 60 th Anniversary' 2022 di jajaran R-series mendapatkan cat yang sama; putih dengan rantai blok merah yang ikonik, logo Gold Tuning Fork, tuas hitam, emblem peringatan khusus di cover airbox, garis merah di atas tangki dan ekor, sepatbor depan merah dan 'papan nomor' kuning di hidung.

Mereka juga menampilkan tabung upside down dan pelek berkelir emas, untuk memberi penghormatan dan dedikasi kepada para pembalap Yamaha yang berlaga di level tertinggi balap motor.

Menurut Derek Brooks, Yamaha Motorcycle Product Line Manager, balapan selalu menjadi DNA Yamaha, sekaligus menjadi landasan pengembangan sepeda motor. “Kami telah dari balap Grand Prix selama bertahun-tahun melalui seri R.

Teknologi dan desain telah mengalir ke mesin Superbike dan Supersport produksi kami, menjadikannya kekuatan dominan di balap MotoAmerica selama bertahun-tahun,” katanya.

Karena alasan itulah pihaknya memberi kesempatan kepada para penggemar untuk menjadi bagian dari sejarah balap Yamaha.

“Edisi 'World GP 60 th Anniversary' yang khas bisa dilihat secara langsung. Livery Yamaha Racing putih ikonik dan merah klasik serta berbagai detail khusus lainnya dapat langsung dikenali,” tambah Derek.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Motor Sport Yamaha R-series 2022

Di jajaran teratas, Yamaha juga menawarkan R1M 2022. Lengkap dengan suspensi elektronik Ohlins, sebagai model 'homologasi khusus' untuk balap WSB.

Ini adalah satu-satunya R-series yang tidak mendapatkan livery ulang tahun, melainkan menampilkan skema warna 'Icon Performance' baru.

Lebih menonjolkan fairing depan full carbon fiber dan tangki bahan bakar aluminium, dengan fairing samping yang sedikit lebih biru. 

Turun ke R1 standar, motif 'World GP 60 th Anniversary' digabung dengan opsi hitam dan hitam/biru. Tak satu pun dari model 1.000cc yang mendapatkan pembaruan teknis dari perusahaan.

Karena R7 sudah resmi menjadi model 2022, tidak ada perubahan apa pun selain penambahan versi Anniversary.

Sementara YZF-R3 mendapat revisi di bagian jantung mekanis, sekarang sudah sesuai dengan Euro 5. Lalu cowling atau bagian fascia dibuat lebih rendah agar sesuai dengan catalytic converter baru.

Untuk model 2022, baik YZF-R3 dan YZF-R1 sekarang menampilkan opsi warna Team Yamaha Blue yang diperbarui. Berikut juga dengan detail grafis dan aksen yang selaras dengan Yamaha YZF-R7 2022, termasuk aksen matte blue dan cyan blue di seluruh bagian.

Untuk pengendara yang mencari opsi lebih gelap, YZF-R3 juga hadir dalam Midnight Black, dan YZF-R1 tersedia dalam Performance Black.

Yamaha mengatakan semua motor akan berada di diler pada Desember 2021, dan buat harga resminya belum diumumkan. Tapi sepertinya tidak terlampau jauh dari harga 2021.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini