Nyetir Mobil Jenis Ini Diperbolehkan Tanpa Harus Punya SIM

Oleh Liputan6.com pada 20 Sep 2021, 15:13 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 19:43 WIB
Contoh EPA-Tractor
Perbesar
EPA-Tractor (Hemmings/Ronan Glon)

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, pengendara mobil harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Secara internasional, batas usia yang diperbolehkan untuk mendapatkan SIM antara 17-18 tahun.

Tapi lain halnya di Swedia. Di negara Skandinavia ini tidak perlu menunggu berusia 17 tahun bagi seseorang untuk mengemudi dengan lisensi SIM.

Namun tunggu dulu, seperti dikutip dari hemmings.com, Kamis (16/9/2021), peraturan tersebut hanya dengan kendaraan EPA-Tractor dan A-Tractor.

Mobil tersebut kerap terlihat di Swedia dan dikemudikan oleh pemuda berumur 15 tahun tanpa perlu menggunakan SIM.

Ini bukan berarti Swedia membiarkan remaja berumur 15 tahun melanggar peraturan, namun kendaraan tersebut memang dirancang khusus agar tidak membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain. Karena itu kecepatannya dibatasi hanya 30 km/jam.

EPA-Tractor dan A-Tractor pada dasarnya berfungsi sebagai mobil yang sama. Hanya saja peraturan dan mobil yang digunakan berbeda.

EPA-Tractor lebih home-made dibandingkan A-Tractor di mana bodi mobil disatukan ke sasis khusus agar sesuai aturan yang berlaku.

Peraturan tersebut di antaranya menyebutkan bahwa mobil memiliki bak belakang, tanda segitiga bahaya, tow hitch, panjang antar sumbu roda tidak lebih dari 223 cm, suspensi belakang bergardan dan tidak mempunyai baris kedua.

Bagian depan EPA-Tractor dibuat berdasarkan basis Volvo PV544 tahun 1947-1966, dan diletakkan di atas sasis berukuran khusus.

Sementara A-Tractor merupakan pembaruan dari EPA-Tractor. Pada 1963, peraturan untuk membangun A-Tractor tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Hanya saja ada peraturan baru seperti penggunaan sasis unibody, jarak sumbu roda tidak perlu diubah, kondisi mobil masih road legal, serta suspensi belakang tidak perlu memiliki gardan.

Artinya dengan peraturan A-Tractor, mobil konvensional bisa dengan mudah dikonversikan sebagai kendaraan untuk remaja berumur 15 tahun.

Meski demikian karena peraturan baris kedua dan mempunyai bak belakang masih berlaku, buntut mobil A-Tractor perlu dimodifikasi.

Tidak heran jika A-Tractor di Swedia terlihat seperti pickup single cab yang berawal dari mobil sedan. Mobil yang sering digunakan adalah Volvo lawas, mengingat merek tersebut berasal dari Swedia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Legal dengan Kecepatan Maksimal 30 km/jam

Sebenarnya EPA-Tractor dan A-Tractor bukan hasil dari permintaan masyarakat, melainkan sebuah loophole pada peraturan yang ditetapkan.

Mobil ini di Swedia di kategorikan sebagai traktor. Sesuai namanya, kendaraan tersebut bisa digunakan tanpa menggunakan SIM dan mempunyai kecepatan maksimal yang rendah.

Kecepatan maksimal A-Tractor dibatasi mencapai 30 km/jam. Hal ini dilakukan dengan cara menghilangkan gigi paling atas atau pada transmisi otomatis menggunakan reduction gearbox.

Cara lain adalah untuk menyetting valve timing-nya dengan mengganti camshaft yang putarannya lebih netral.

Penggunaan EPA-Tractor dan A-Tractor sering ditemukan di area perkotaan Swedia. Selain itu mobil-mobil tersebut juga memiliki komunitas tersendiri berdasarkan basis dari bentuk traktor yang digunakan.

Sumber: Otosia.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya