Sukses

Seluk-beluk Chukudu, Kendaraan Ramah Lingkungan dari Afrika

Alat transportasi berperan penting dalam menggerakkan roda ekonomi. Namun, masyarakat yang tinggal di negara miskin harus berpikir keras untuk mencari dan menciptakan alternatif angkutan yang murah dan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Alat transportasi berperan penting dalam menggerakkan roda ekonomi. Namun, masyarakat yang tinggal di negara miskin harus berpikir keras untuk mencari dan menciptakan alternatif angkutan yang murah dan mudah.

Kondisi ini mirip dengan yang terjadi di negara Kongo, Afrika Tengah. Menurut opportunity.org, Kongo merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk tertinggi dan termiskin di Afrika.

Tiga dari empat orang yang tinggal di negara itu mendapat gaji di bawah $1.90 atau Rp 27 ribu (dengan kurs $1 = Rp 14.261) tiap harinya.

Demi menekan pengeluaran uang, warga-warga di Kongo mengakali cara mendapatkan sarana transportasi untuk mendapatkan penghasilan lebih. Melansir situs designindaba.com, Senin (13/9/2021), banyak warga di sana memilih untuk menggunakan chukudu.

Chukudu merupakan "motor" tanpa mesin yang digunakan untuk mengantar jarak jauh beragam jenis barang. Bodinya dibuat dari kayu eucalyptus, sedangkan rodanya dibuat dari kayu mumba dan dibalut karet dari ban bekas.

Kendaraan roda ini dibuat dengan berbagai macam desain sesuai kebutuhan dan kegunaannya. Ada yang membuat lubang di bagian tengah bodi untuk membawa kayu bakar, atau menggunakan keranjang besar untuk membawa beragam barang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tampung

Daya tampung chukudu cukup besar. Satu unitnya bisa mengendong barang dengan bobot 800 kg. Untuk ongkos pembuatan Chukudu, rata-rata masyarakat Kongo mengeluarkan uang $100 atau Rp 1,4 jutaan.

Cara penggunaan chukudu mirip seperti otoped atau skuter. Kendaraan roda dua itu didorong menggunakan kaki untuk melaju. Setelah skuter besar itu berjalan di kecepatan konstan atau menuruni bukit, pengendara bisa duduk, atau berdiri.

Pengoperasian chukudu yang sangat sederhana dengan daya tampung yang besar memberikan peluang pendapat baru bagi masyarakat Kongo. Salah satunya adalah Tumaini Obedi. Dia adalah pengemudi chukudu yang tinggal di Goma, Kongo.

Menurut Obedi, keberadaan chukudu sangat penting bagi kehidupannya. Tanpa Chukudu, dia tidak dapat uang. Bahkan dia memastikan, dengan chukudu, orang di Kongo pasti bisa punya penghasilan.

"Sama seperti petani membutuhkan cangkulnya, saya membutuhkan chukudu. Kendaraan itu membantu hidup saya. Jika Anda memiliki chukudu, Anda akan mendapatkan uang," ungkap Obedi dalam video yang diunggah pada situs resmi bbc.com, 1 November 2017.

Dia menambahkan bahwa banyak orang membutuhkan jasa untuk mengantar barang. Setiap paginya dia pasti akan mendapatkan pelanggan yang membutuhkan pengiriman barang melalui "motor dorong" chukudu.

"Saya mempunyai pelanggan di sini yang menelpon di pagi hari dan meminta saya untuk membawa barang. Saya tidak memilih apa yang dibawa, saya akan membawa apa saja," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Berbahaya

Meski kendaraan unik itu dibuat dengan bahan kayu yang kuat, tidak bisa dipungkiri bahwa sisi keselamatan chukudu sangatlah minim. Posisi berkendara yang tinggi, bodi ramping dan panjang, serta roda kayu dibalut karet dari ban bekas bukanlah kombinasi yang ideal untuk digunakan di jalanan umum.

Obedi sendiri mengetahui bahaya ini. Lantas ia tidak ingin anaknya mengikuti jejaknya. Sebab itu, jika kondisi perekonomiannya membaik, ia akan membeli sepeda motor, lalu beralih ke bus untuk bekerja.

"Saya tidak mau anak-anak saya menjadi pengemudi chukudu. Banyak orang yang jatuh (dari chukudu) dan meninggal. Jika saya memiliki uang lebih, saya hendak membeli motor dan berlanjut ke bus untuk terus bekerja," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.