Sukses

Siapa Sangka, Vespa Super Ini Awalnya adalah Honda Beat

Modifikasi motor tidak mengenal batas, misalkan saja Vespa yang satu ini wujud aslinya adalah Honda BeAT. Motor keren ini merupakan hasil karya bengkel kustom Wafarel98 yang bermarkas di Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Sukabumi - - Modifikasi motor tidak mengenal batas, misalkan saja Vespa yang satu ini wujud aslinya adalah Honda BeAT. Motor keren ini merupakan hasil karya bengkel kustom Wafarel98 yang bermarkas di Sukabumi, Jawa Barat.

Teguh sebagai builder mengungkapkan, part original Honda BeAT yang masih digunakan hanyalah penggerak CVT dan mesin saja.

 "Kita ubah semua bodinya, menggunakan bodi buatan sendiri yang desain mirip dengan Vespa klasik. Ada juga penyesuaian di bagian dudukan mesin, dan mengubah desain dari Vespa Super sesuai permintaan si konsumen," kata Teguh, saat dihubungi OTO.com beberapa waktu lalu.

Coba perhatikan secara teliti, sekilas pasti Anda mengira jika ini adalah Vespa Super original. Namun, ketika menelisik dari kaki-kaki belakang, mendengar suara jantung pacu barulah sadar bila ini adalah Vespa kloningan.

Lantas dengan ubahan tersebut, Vespa bermesin BeAT ini tak akan mengeluarkan asap dari lubang knalpot, suara mesin yang ramah, tak perlu repot ganti gigi, dan menekan kopling di tuas kiri. Ya, layaknya Vespa matik yang belakang ini jadi idaman kaum millenials. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan yang Digunakan

Soal bahan yang digunakan dalam pembuatan konstruksi bodi, Teguh mengaplikasikan jenis pelat galvanis dengan tebal sekitar 1,5 millimeter. Adapun bodi asli dari Vespa Super juga dipertahankan, tepatnya di komponen tulang utama demi mempertahankan durabilitas motornya.

Selanjutnya Teguh meracik komponen rangka yang pastinya disesuaikan dengan bentuk body Vespa, ukuran mesin, dan juga transmisi CVT-nya. Khusus untuk komponen CVT ditempatkan di balik tepong sebelah kiri agar tak terlihat, jadinya wujud Vespa klasik makin kental dan manis dilihat.

"Bagian kaki-kaki di depan kita pakai barang asli dari Vespa, DAR velg, suspensi, dan bannya. Sementara untuk knalpot kita desain menyerupai silinder motor 2-tak," imbuhnya.

Selebihnya ubahan juga dilakukan pada bagian jok, dilapisi dengan kulit berwarna coklat seakan menyatu dengan bodi putih elegannya. Tak lupa ada beberapa sentuhan aksen kromium seperti di bagian lis frame lampu depan, list frame body, sampai komponen besi mengilap di atas sepatbor depan.

Jika tertarik memiliki Vespa klasik dengan jantung pacu motor matik modern, bengkel ini mematok harga Rp 39 juta. Tapi perlu dicatat ya, nominal itu sudah termasuk bahan motor yang akan dieksekusi (surat lengkap dan pajak hidup).

Pasti penasaran berapa lama waktu pengerjaannya, untuk membangun satu unit Vespa klasik dengan mesin motor matik 4-tak, kira-kira Anda harus bersabar sekitar 4 bulan. Bagaimana, punya rencana memiliki motor ini? 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.