Sukses

Mengenal Perbedaan Varian Termurah Raize Versi Indonesia dengan Jepang

Toyota Raize pertama kali diperkenalkan pada bulan April lalu bersamaan dengan kembarannya, Daihatsu Rocky. Di Jepang sendiri Toyota Raize di Jepang sudah meluncur pada tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Raize pertama kali diperkenalkan pada bulan April lalu bersamaan dengan kembarannya, Daihatsu Rocky. Di Jepang sendiri Toyota Raize di Jepang sudah meluncur pada tahun 2019.

Menarik untuk dibahas tipe terendah atau termurah Raize di Jepang dan Indonesia. Setidaknya perbedaan tersebut dapat menjadi gambaran bagi konsumen yang berminat meminang Raize.

Di Indonesia, Toyota Raize termurah adalah model 1.2 G. Sedangkan di Jepang varian yang setara diberi nama 'X'. Selain perbedaan huruf dan angka, apa saja perbedaan di antara keduanya?

Eksterior

Mulai dari eksterior. Secara keseluruhan kedua model masih sama, mengingat mobil tersebut adalah SUV kompak. Namun ada beberapa bagian yang membedakan Raize termurah di Jepang dan Indonesia.

Misalnya Toyota Raize termurah di Jepang belum mempunyai lampu kabut dan masih menggunakan pelek kaleng dengan penutup dop. Sebaliknya, eksterior Raize termurah di tanah air lebih lengkap dengan penggunaan pelek alloy 16 inci dan ada lampu kabut.

Perbedaan lainnya ada pada spion di mana Raize versi Jepang mempunyai tonjolan ke bawah yang diduga kuat berfungsi sebagai alat bantu penglihatan area bawah belakang kendaraan.

Selebihnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Toyota Raize Indonesia dan Jepang masih menggunakan lampu depan dan belakang LED serta antena shark fin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Interior

Lebih detail ke kabin. Di sinilah letak jelas perbedaan antar keduanya. Raize versi Indonesia disematkan berbagai fitur seperti speedometer TFT 7 inci, head unit 8 inci, tombol-tombol pada lingkar kemudi, AC digital, serta kombinasi warna silver di dasbor dan oranye di jok.

Sementara interior Raize termurah di Jepang terlihat lebih kosong, bahkan lebih entry level dibandingkan Daihatsu Rocky termurah di Indonesia. Varian terendah mobil ini belum dilengkapi head unit, tombol-tombol di setir, operasional AC masih putar kenob, dan speedometer belum digital.

3 dari 5 halaman

Perangkat Keselamatan

Menariknya perangkat keselamatan Toyota Raize di Jepang lebih lengkap. Mobil itu sudah dilengkapi 6 airbags dan teknologi smart assist. Perangkat yang terakhir itu mirip dengan sistem keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Artinya varian termurah Raize dari Negeri Matahari Terbit ini mempunyai fitur-fitur keselamatan canggih seperti collision warning system, sign recognition, blind spot monitor, lane departure warning, dan sebagainya.

Sementara Toyota Raize tipe terendah yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor hanya dilengkapi dual airbags, Vehicle Stability Control, serta Hill Start Assist.

 

4 dari 5 halaman

Mesin dan Harga

Di Jepang Toyota Raize paling murah mengusung mesin 1.000cc turbo tiga silinder dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi sebesar 140 Nm. Daya pacu tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Sedangkan Raize di Indonesia dibekali dapur pacu 1.200cc naturally aspirated tiga silinder yang mempunyai total output 88 PS dengan torsi maksimal 113 Nm. Performa itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Untuk harga, Raize termurah di Jepang, yakni model X dibanderol 1.679.000 yen atau Rp 217 juta (dengan kurs 1 yen = Rp 129,57). Raize termurah di Indonesia, tipe 1.2 G M/T, dijual Rp 214, 3 juta.

Sumber: Otosia.com

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.