Sukses

Susah Jualan, Ford Berhenti Produksi di Negara Ini

Ford akan menghentikan produksi di India, karena tidak mampu bersaing di salah satu pasar terlaris di dunia tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Ford akan menghentikan produksi di India, karena tidak mampu bersaing di salah satu pasar terlaris di dunia tersebut. Pabrikan asal Amerika Serikat ini, menjadi pembuat mobil terbaru yang meninggalkan negeri Bollywood yang banyak didominasi jenama asal Asia.

Melansir Autoblog, keputusan ini diambil setelah berjuang selama bertahun-tahun untuk menggaet konsumen dan berharap mendapatkan keuntungan. Produsen asal Negeri paman Sam ini, memasuki India 25 tahun lalu, dan hanya memiliki kurang dari 2 persen pangsa pasar kendaraan penumpang di India.

Dalam pernyataannya, Ford mengatakan telah mengumpulkan kerugian operasional lebih dari US$2 miliar dalam 10 tahun, dan permintaan kendaraan barunya yang semakin turun.

"Terlepas dari upaya (kami), kami belum dapat menemukan jalan berkelanjutan menuju profitabilitas jangka panjang," kata kepala Ford India, Anurag Mehrotra dalam sebuah pernyataan.

"Keputusan itu diperkuat oleh akumulasi kerugian selama bertahun-tahun, kelebihan kapasitas industri yang terus-menerus dan kurangnya pertumbuhan yang diharapkan di pasar mobil India," tegasnya.

Ford mengikuti pembuat mobil AS lainnya, seperti General Motors dan Harley Davidson , yang telah meninggalkan India, pasar yang pernah menjanjikan pertumbuhan potensial. Negara ini didominasi oleh mobil murah yang dibuat oleh Suzuki dan Hyundai .

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana

Sebagai bagian dari rencana, Ford India akan menghentikan operasi di pabriknya di Sanand di negara bagian Gujarat barat pada kuartal keempat 2021 dan manufaktur kendaraan dan mesin di pabrik India selatan atau tepatnya di Chennai pada 2022.

Ford akan terus menjual beberapa mobilnya di India melalui impor dan juga akan memberikan dukungan kepada diler untuk melayani pelanggan yang sudah ada. Keputusan penghentian produksi ini, akan berdampak kepada sekitar 4.000 karyawan.

Keputusan untuk menghentikan produksi di India datang setelah Ford dan produsen mobil domestik Mahindra gagal menyelesaikan kemitraan usaha patungan, yang akan memungkinkan Ford untuk terus memproduksi mobil dengan biaya lebih rendah daripada saat in.

3 dari 3 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.