Sukses

Mesin Bandel dan Bertenaga, Mitsubishi L300 Jadi Andalan Hadapi Medan Tanjakan

Mobil Mitsubishi Colt L300 senantiasa mampu mendukung usaha dan bisnis. Mulai dari mengangkut sapi, bibit tembakau, pasir dan sebagai angkutan barang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Medan yang berliku dan menanjak kerap menjadi tantangan bagi kendaraan pengangkut barang dalam jumlah besar. Salah satu cara untuk menghadapi medan seperti itu bukan dengan mengurangi muatan, melainkan menggunakan kendaraan yang tepat. 

Affan Fariza Rochman, pengguna Mitsubishi Colt L300 asal Magelang telah membuktikan sendiri bahwa mobil yang memiliki mesin bandel, bertenaga dan bisa lari kencang mampu hadapi medan yang menanjak.

Affan menceritakan bahwa keluarganya sudah lama menggunakan mobil Mitsubishi Colt L300 untuk mendukung usaha dan bisnis. Mulai dari mengangkut sapi, bibit tembakau, pasir dan sebagai angkutan barang lainnya.

"Dari tahun 90an sudah pakai mobil ini (Mitsubishi Colt L300) dan sudah ganti 3 kali. Pertama varian mesin bensin, setelah itu ganti mesin diesel tahun 95 dan beli lagi tahun 2015 dengan varian mesin diesel," ujar Affan saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/9).

Alasan utama memilih Mitsubishi Colt L300 karena mobil pick up ini memiliki mesin yang bandel dan bertenaga.

"Di daerah saya banyak tanjakan, L300 itu mesinnya bandel dan bisa lari lebih kencang. Sehingga lebih nyaman saat digunakan untuk angkut barang dan menghadapi medan yang menanjak," jelasnya.

Dibandingkan mobil lain sejenis pick up, Affa mengakui kalau L300 lebih bertenaga saat menghadapi tanjakan.

"Sebelumnya saya pernah mencoba mobil lain, beda merek. Rasanya beda jauh, mobil lain tenaganya kurang saat di tanjakan hanya kencang di jalan normal. Sementara L300 bisa diandalkan di jalan tanjakan dan juga kencang," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daya Angkut Besar

Selain mesin yang bisa diandalkan, menurut Affan keunggulan Mitsubishi Colt L300 lainnya adalah memiliki daya angkut yang besar untuk kategori mobil pick up.

"Paling sering angkut barang seperti pasir, bibit tembakau dan 5 hari sekali angkut Sapi. Saya pernah bawa barang muatan sampai 2,3 ton," ujarnya.

Kapasitas bak Colt L300 tergolong luas karena memiliki berukuran 2.425 mm untuk panjang, lebar 1.600 mm serta tinggi 300 mm. Sehingga mengangkut barang bisa dalam jumlah banyak dan berat sekalipun.

Sehari-hari, mobil pick up tersebut digunakan Affan dan orang tuanya untuk angkut barang di sekitar Magelang. Paling jauh pengiriman barang sampai Pekalongan dan Cirebon.

3 dari 3 halaman

Legenda Pasar Otomotif Tanah Air

Mobil Mitsubishi Colt L300 memiliki sejarah panjang di Indonesia. Pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1979 dan dua tahun kemudian tepatnya tahun 1981 baru mulai dipasarkan di Indonesia. Sudah berusia 40 tahun, mengantarkan Mitsubishi sebagai salah satu kendaraan legenda di pasar otomotif Tanah Air.

Selama dua tahun awal pemasaran di Indonesia, Mitsubishi hanya menghadirkan satu varian L300 mesin bensin 1,4 liter. Pada 1984, Mitsubishi kemudian memperkenalkan varian mesin baru 1,6 liter dana juga varian mesin diesel 2,3 liter yang mampu menyemburkan tenaga 65 ps di 4.200 rpm dengan torsi 137 Nm pada 2.000 rpm.

Pada 2000, Mitsubishi Motors memutuskan menghentikan penjualan L300 varian mesin bensin. Varian mesin diesel dengan kode mesin 4D56 jadi andalan hingga kini dan menjadi primadona kendaraan niaga ringan di Tanah Air.

Pimpin Pasar Small Pikap Selama 4 Dekade

Menurut data PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), L300 adalah raja mobil niaga ringan di Indonesia khususnya segmen small pick up 4x2. Data penjualan Juli 2021, volume penjualan L300 mencapai 2.066 unit atau berkontribusi terbesar kedua, yakni 22,6 persen, terhadap total penjualan Mitsubishi.

Mitsubishi L300 telah memimpin pasar small pick up selama 4 dekade di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Prestasi ini makin membuktikan bahwa produk ini memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dan menjadi market leader di kelasnya.

Saat ini Mitsubishi L300 dipasarkan dengan harga jual mulai Rp 189,5 juta per unit hingga Rp 194 juta. Terdiri dari tiga model, yakni Pick-Up Standar, Pick-Up Flatbed, dan Cab Chassis.

"Di Juli tahun ini, L300 mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen small pick up 4x2 dengan pangsa pasar lebih 66 persen," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, kemarin.

Selain tangguh di segala medan, L300 juga menawarkan kemampuan membawa barang banyak. Karena dimensi cargo bed L300 memiliki panjang 2.430 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 360 mm (standar) dan 310 mm (flatbed), dengan kemampuan mengangkut beban hingga 1,26 ton. Menariknya, mobil niaga ringan ini sudah dilengkapi audio head unit dan power steering.

Informasi lebih lanjut seputar Mitsubishi Colt L300, klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.