Sukses

Perhatikan Hal Ini Saat Pasang GPS, Supaya Berkendara Tetap Aman dan Nyaman

Dengan bantuan satelit, pengendara mobil bisa menemukan lokasi yang dituju lebih mudah berkat bantuan alat yang disebut Global Positioning System (GPS).

Liputan6.com, Jakarta - Dengan bantuan satelit, pengendara mobil bisa menemukan lokasi yang dituju lebih mudah berkat bantuan alat yang disebut Global Positioning System (GPS).

Untuk memanfaatkan layanan GPS saat ini juga lebih mudah karena bisa diakses melalui smartphone.

Selain menemukan lokasi yang dituju, fitur GPS juga memberikan alternatif jalan yang bisa dipilih dengan waktu tempuh yang lebih singkat. Kamu juga bisa menghindari ruas jalan yang sedang menghadapi macet berat.

Selain fungsi tersebut, GPS juga bisa mendeteksi keberadaan mobil, mampu memberikan data riwayat perjalanan, hingga mengatur jadwal untuk servis, dikutip dari Auto2000, Rabu 8 September 2021.

Saat ini, sudah ada banyak GPS mobil yang tersedia di pasaran dengan beragam merek serta spesifikasi. Kamu tinggal memasangnya di mobil.

Lalu, bagaimana cara memasang GPS dengan benar di mobil?

GPS mobil biasanya punya layar yang tak terlalu besar tapi tetap nyaman ditaruh di dashboard. Biasanya, GPS ditaruh di bagian head unit dan atas AC mobil yang memiliki ruang cukup di tengah dasbor.

Sekadar catatan, pemasangan GPS harus mudah dilihat oleh mata dan dijangkau dari kursi pengemudi. Kalau terlalu jauh, ini akan membuat tidak nyaman.

Blind spot wajib dihindari untuk muncul di bagian vital karena pemasangan GPS yang tidak tepat. Contohnya seperti pandangan Anda ke kaca spion samping, belakang, jendela, atau bagian depan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Posisi Paling Tepat

Kalau memutuskan memasang GPS mobil di bagian atas AC mobil yang terletak di tengah dasbor, kamu harus menemukan posisi yang paling tepat.

Di pasaran, banyak perekat yang aman bagi material dashboard dan tetap kuat. Tapi, sebaiknya gunakan dudukan khusus agar posisi GPS tetap kuat walaupun ada guncangan.

Ada beberapa desain yang bisa digunakan. Misalnya, magnet, penjepit, hingga silicon perekat. Pastikan juga sinyal GPS aman.

Untuk menghindari masalah, seperti tersesat atau terjebak macet, sebaiknya gunakan GPS setiap berkendara. Agar tidak lupa, nyalakan GPS setiap ingin bepergian.

Selain itu, pastikan kondisinya bisa tetap menyala sepanjang perjalanan. Jadi cek apakah dayanya sudah penuh atau belum. Jangan sampai mati di tengah perjalanan karena sudah pasti itu sangat mengganggu.

Dengan mengetahui cara memasang GPS, kamu bisa bepergian dengan lebih santai tanpa takut tersesat.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.