Varian Termurah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Berbeda Rp 25 Juta, Pilih yang Mana?

Oleh Liputan6.com pada 08 Sep 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 08 Sep 2021, 11:00 WIB
(Kiri) Daihatsu Rocky termurah dan (Kanan) Toyota Raize termurah
Perbesar
(Kiri) Daihatsu Rocky termurah dan (Kanan) Toyota Raize termurah (ADM, TAM)

Liputan6.com, Jakarta - Produk kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky berhasil memikat para pencinta otomotif di Indonesia. Keduanya dibanderol dengan harga menarik serta fitur-fitur terkini. 

Jangan berharap varian terendah mendapatkan fitur serupa tipe di atasnya. Pada pilihan entry level banyak fitur dipangkas demi menekan harga jual. Perbedaan harga varian paling murah antara Raize dan Rocky cukup tinggi.

Perbedaan banderol Toyota Raize termurah dan tipe Daihatsu Rocky paling bawah mencapai Rp 25 juta. Dengan perbedaan harga yang cukup tinggi, apa saja perbedaan di antara keduanya?

Perbedaan Eksterior

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mempunyai bahasa desain yang sama, mengingat keduanya merupakan hasil kerja sama antara Toyota dan Daihatsu.

Perbedaan desain dua SUV itu hanya di bagian wajah. Toyota Raize mempunyai grille besar yang mendominasi wajahnya, sementara grille Daihatsu Rocky lebih kecil dan berada di bagian atas bumper.

Meski tidak banyak perbedaan dalam segi tampilan, Raize lebih lengkap dalam segi fitur. Toyota menyematkan lampu depan LED, pelek alloy bermotif kipas berukuran 16 inci, serta spion lipat elektrik.

Sementara Daihatsu Rocky tampil lebih sederhana dibanding kembarannya. Mobil itu menggunakan pelek kaleng 16 inci, lampu depan halogen, dan spion luar manual. Meski minim fitur, Rocky masih mempunyai lampu belakang LED, lampu sein di spion dan antena shark fin. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbedaan Interior

(Atas) Interior Rocky 1.2 M M/T dan (Bawah) Raize 1.2 G M/T
Perbesar
(Atas) Interior Rocky 1.2 M M/T dan (Bawah) Raize 1.2 G M/T (YouTube/William Surjana, TAM)

Masuk ke dalam interior kedua mobil tersebut. Lagi-lagi Raize dan Rocky mempunyai bentuk yang sama di mana bagian konsol tengahnya dibuat lebih tinggi untuk mempertegas  karakter SUV-nya.

Bagian dalam Toyota Raize lebih kaya fitur. Interior mobil itu mempunai campuran aksen warna silver dan oranye, head unit 8 inci, speedometer TFT digital 7 inci, sistem keyless dan tombol start-stop, ada 2 speaker masing-masing di depan dan belakang, serta audio steering switch. 

Sedangkan kabin Daihatsu Rocky seperti terlihat tanpa isi dibanding kembarannya. Berbeda dengan Raize, bagian setir Rocky masih polos, interior didominasi warna hitam, belum ada keyless entry dan tombol start-stop, speedometer biasa dengan MID warna hitam putih, 2 buah speaker di depan, dan head unit 7 inci yang support Apple CarPlay serta Android Auto.

Selain perbedaan fitur di atas, kedua SUV itu relatif sama. Keduanya belum ada panel-panel soft touch di dalamnya, tombol AC sudah digital, lingkar kemudi belum dilapisi kulit, power window, kamera mundur serta pengingat sabuk pengaman penumpang belakang di bagian depan.

Keselamatan dan performa

Perangkat keselamatan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky termurah tidak jauh berbeda, mengingat kedua tipe tersebut adalah entry level. Raize dan Rocky sama-sama dilengkapi 2 airbags, ABS, dean EBD. Hanya saja Raize dibekali fitur VSC dan HSA.

Varian termurah hanya tersedia dengan 1 pilihan mesin, yakni dapur pacu 1.200cc tiga silinder dengan semburan tenaga sebesar 88 PS dengan torsi maksimal 112 Nm. Kedua mobil itu dibekali transmisi manual 5 percepatan.

Perbedaan harga Raize dan Rocky pada kategori ini cukup signifikan. Toyota Raize termurah, yakni 1.2 G M/T dibanderol Rp 214,3 juta. Sedangkan Daihatsu Rocky 1.2 M MT sebagai tipe terendah dijual Rp 189,3 juta.

Sumber: Otosia.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19.

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya