Sukses

Indonesia Akan Punya Motor Listrik Sederhana, Desainnya Minimalis

Builder Heret Frasthio, owner dari Elders Garage, akan merilis motor listrik sederhana untuk pasar Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran motor listrik di Indonesia saat ini terus tumbuh dan berkembang. Terlebih hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden No.55 Tahun 2019, tentang Percepatan Kendaraan Listrik di Indonesia.

Rupanya hal tersebut tidak hanya menarik produsen otomotif besar saja, tetapi, builder Indonesia, Heret Frasthio, owner dari Elders Garage, juga tak ingin ketinggalan momen tersebut.

Hal ini terungkap melalui Berita Rilis Desain Industri No.26/DI/2021. Dalam dokumen bernomor A00202102468 tersebut, terpampang satu unit motor listrik dengan kelir hitam sudah dalam bentuk jadi, bukan dalam desain paten.

Masih mengacu pada dokumen tersebut, Heret, melalui Kuasa Hukumnya, Anggi Aianica Putri S.E mendaftarkan desain industri tersebut pada 24 Agustus 2021 dengan judul desain 'Desain Motor Listrik Sederhana'.

Jika memperhatikan desain yang ditampilkan, motor listrik kreasi Heret ini menyerupai sepeda, hanya saja, pada bagian sumber dayanya dibekali dengan motor listrik. Namun, informasi mengenai spesifikasinya tidak disebutkan secara terperinci. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengambil Beberapa Komponen dari Sepeda

Beberapa bagian pada motor listrik ini, seperti mengadopsi dari komponen sepeda. Hal tersebut terlihat dari bagian depan, di mana penggunaan fork mengadopsi milik Mountain Bike.

Sementara pada bagian setangnya, memang terlihat mengambil dari sepeda dan dilengkapi dengan tuas rem di kanan dan kiri. Selanjutnya, ban yang digunakan mengadopsi semi pacul dan terlihat bisa diandalkan untuk light off road.

Komponen lainnya yang juga dicomot dari sepeda adalah idler pulley, yang berfungsi untuk mentransfer atau terhubung dengan putaran dari satu gear ke gear lainnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Tarik Ulur RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.