Sukses

KTM 250 Adventure dan Duke 200 Rakitan Gresik Segera Meluncur

KTM 250 Adventure dan KTM Duke 200 model 2022 rakitan dalam negeri bakal segera dirilis pada September ini.

Liputan6.com, Jakarta - KTM 250 Adventure dan KTM Duke 200 model 2022 rakitan dalam negeri bakal segera dirilis pada September ini.  Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) sebagai distributor resmi KTM di Indonesia, Kristianto Goenadi bahwa saat ini keduanya sudah masuk tahap finalisasi produksi di pabrik Gresik, Jawa Timur.

"Bulan September ini kita akan luncurkan. Sekarang sedang menunggu unit CKD selesai," kata Kristianto kepada OTO.com, Jumat (3/9/2021).

Bahkan KTM Indonesia sudah membuka keran pemesanan untuk 250 Adventure dan Duke 200 terbaru. Bagi yang berminat, kata Kristianto, bisa melakukan inden dengan menyetor Rp 1,5 juta untuk tipe Duke 200 dan Rp 2,5 juta untuk 250 Adventure.

Strategi menjual produk CKD awalnya dilakukan untuk tipe KTM 390 Adventure yang meluncur pada tahun lalu. Respons pasar diklaim positif, sebab konsumen tak perlu menunggu lama agar unit datang ke garasi.

Keuntungan lainnya adalah harga jual ke konsumen akan lebih kompetitif, dan proses penyerahan dokumen seperti STNK dan BPKB tergolong cepat. Kristianto mencontohkan, jika tempo lalu masih berstatus CBU (Completely Built Up) maka proses dokumen kendaraan membutuhkan waktu paling cepat 2 bulan. Sementara jika sudah CKD hanya butuh waktu 1 minggu saja.

"Harga yang dipasarkan sekarang sudah memperhitungkan dengan cost CKD dan efisiensi dari BBN biaya pengurusannya. Secara bea masuk lebih rendah antara 10-30 persen," jelas dia. 

Terkait banderolnya, berdasarkan penuturan Marketing KTM Dealer Antasari, Jose Rizal all new KTM Duke 200 akan dijual dengan harga estimasi Rp 49 juta. Sementara untuk KTM 250 Adventure bakal diniagakan dengan harga Rp 77 juta. Harga itu sudah berstatus on the road, alias sudah dihitung dengan besaran tarif pajak kendaran yang berlaku.

"Kita sudah pre-order dari bulan lalu bahkan. Sudah banyak yang pesan, kita targetkan pengiriman di akhir September ini," ungkap Jose kepada OTO.com, Jumat (3/9/2021).

Dari dua model yang akan diluncurkan nanti, KTM 250 Adventure ternyata paling mendominasi. Jose mengatakan ada sekitar 10 orang yang sudah menyatakan minat memiliki motor tersebut.

"Mungkin karena secara tampilan mirip dengan KTM 390 ya. Apalagi kalau lihat model dan tipenya memang adventure lagi digemari di Indonesia," kata dia.

Nantinya KTM 250 Adventure akan menantang pemain lama di pasar Indonesia, dia adalah Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys 250. Semakin menarik karena harga KTM berada di tengah-tengah.

Sekadar informasi, per September ini, Honda CRF250 Rally dijual dengan banderol Rp 88,3 juta. Sedangkan Kawasaki Versys diniagakan dengan harga Rp 68,9 juta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi KTM 250 Adventure dan Duke 200

Terkait spesifikasi, KTM 250 Adventure sebenarnya sudah dijual lebih dulu di Malaysia. Di sana, motor ini dibekali dengan mesin 248,8 cc, 1-silinder, DOHC, 4 katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi.

Di atas kertas, motor tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sampai 29,5 daya kuda dan torsi puncak sampai 24 Nm. Daya tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Bicara fitur dan teknologinya, KTM 250 Adventure sudah dibekali dengan panelmeter LCD full digital yang tentunya menampilkan ragam informasi penting dari kendaraan.

Selanjutnya sudah disematkan assist and slipper clutch, ABS offroad, kontrol traksi, dan riding modes yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Adapun untuk konstruksi kaki-kaki, motor ini sudah menggunakan suspensi upside down di depan yang kemudian dikombinasi dengan suspensi monoshock di bagian belakang.

Dan untuk KTM 200 Duke terbaru model ini juga mengalami ubahan cukup signifikan, utamanya di sektor tampilan. Panel bodi, tangki, dan juga shroud kini tampil lebih tajam serta agresif.

Pabrikan juga melakukan revisi di volume tangki bahan bakar, kini bisa meminum 13 liter bensin yang semula hanya 10 liter saja.

Dari segi mesin, motor ini masih akan mengemas mesin yang sama dengan model terdahulu yakni 199,5 cc, silinder tunggal, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi. Di atas kerta memiliki tenaga maksimal sampai 24,9 daya kuda di 10 ribu rpm dan torsi puncak 19,2 Nm di 8.000 rpm.

Namun kabarnya motor ini akan mendapatkan penyempurnaan di komponen catalytic converter untuk memenuhi aturan emisi gas buang Euro 5. Saat ini produk KTM Duke 200 model lawas masih mengemas mesin Euro 4.

Sama seperti KTM 250 Adventure, Duke 200 juga akan dilengkapi dengan suspensi depan upside down dan monoshock di bagian belakang. Mereka masih mempercayakan vendor dari suspensi WP.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini