Sukses

Pabrikan Vietnam Sukses Bikin Mobil Listrik, Simak Spesifikasinya

Jenama asli Vietnam ini, menunjukan kendaraan listrik penuh pertamanya, e34

Liputan6.com, Jakarta - Merek mobil nasional Vinfast semakin menancapkan tajinya di pasar otomotif dunia. Terbaru, jenama asli Vietnam ini memperkenalkan mobil listrik pertamanya, Vinfast e34.

Melansir Paultan, model ini menjadi salah satu dari tiga mobil listrik yang akan dihadirkan Vinfast. Merilis detailnya, kendaraan ramah lingkungan ini, memiliki dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.793 mm, dan tinggi 1.613 mm dengan jarak sumbu roda 2.611 mm dan ground clearance 180 mm, yang menempatkannya di SUV segmen B dalam hal ukuran fisik. Bobotnya sendiri, diklaim sebesar 1.490 kg.

Sebuah motor listrik tunggal disematkan di mobil ini, dengan output 147 Tk dan torsi 242 Nm, dan mendapatkan sistem penggerak roda depan.

Selain itu, mobil ini ditenagai oleh paket baterai lithium-ion, yang sebelumnya tercatat memiliki kapasitas 42 kWh. Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini memiliki jangkauan 300 km dengan pengisian penuh, dan diklaim jangkauan 180 km dari pengisian 15 menit.

Peralatan seperti yang tercantum dalam brosur Vietnam menunjukkan bahwa VF e34 dilengkapi dengan filter HEPA dengan filtrasi PM2.5, sementara unit infotainment 10 inci menawarkan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, selain Apple CarPlay dan Android Auto untuk integrasi smartphone.

VinFast e34 listrik, hadir dalam delapan warna, yaitu Brahminy White, De Sat Silver, Neptune Grey, Aurora Blue, Deep Ocean (hijau), Mystique Red, Cormorant Brown, dan Jet Black. Interiornya dapat ditentukan dalam Granite Black atau Sand Beige.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garap Pasar Mobil Listrik, Produsen Lokal Vietnam VinFast Bicara Baterai Masa Depan

Produsen lokal Vietnam, VinFast mengungkapkan strategi pengembangan baterai untuk kendaraan listrik masa depan. Pabrikan berjanji terkait pengisian super cepat, teknologi baterai solid state, dan bekerjasama dengan perusahaan lain untuk mengubah visinya di pasar mobil ramah lingkungan agar menjadi kenyataan.

Melansir Paultan, mengenai masalah pengisian daya, VinFast bekerjasama dengan StoreDot, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi pengisian daya baru.

Hal tersebut, dengan menggunakan anoda nanopartikel dibanding grafit biasa, yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 80 persen dalam empat hingga lima menit.

Teknologi ini sendiri, telah didemonstrasikan untuk smartphone, drone, dan skuter listrik.

Selain itu, VinFast juga bermitra dengan ProLogium, yang mengkhususkan diri dalam penelitian dan produksi baterai solid-state.

Perusahaan ini telah mengerjakan hal tersebut sejak 2013, dan membangun fasilitas eksperimen baterai solid-state pertama di dunia untuk mobil pada 2017.

Baterai solid-state dianggap sebagai penampung energi terbaik untuk kendaraan listrik karena kepadatan energinya yang jauh lebih tinggi, rentang suhu pengoperasian yang luas, dan risiko mudah terbakar yang lebih rendah.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

  • VinFast

Video Terkini