Sukses

Jangan Asal, Begini Cara Mengerem di Jalan Basah Agar Tak Terjatuh

Saat musim hujan, dengan jalanan yang basah dan licin memang butuh ekstra hati-hati saat melewatinya

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan, dengan jalanan yang basah dan licin memang butuh ekstra hati-hati saat melewatinya. Terlebih, ketika pengendara motor melakukan pengereman dalam kondisi tersebut, karena jika salah akibatnya bisa fatal, yaitu terjatuh dan menyebabkan kecelakaan.

Melansir laman resmi Federal Oil, ada teknik tersendiri ketika melakukan pengereman di tempat basah dan licin:

1. Tarik tuas rem menggunakan 4 jari

Dengan menggunakan ke-empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan, bisa lebih maksimal dalam menghentikan laju kendaraan. Terlebih ketika melewati jalanan yang licin, jika rem motor tidak bekerja secara maksimal risiko seperti terpeleset bisa terjadi. Maka dari itu, teknik pengereman yang satu ini perlu diketahui agar terhindar dari risiko buruk tersebut.

2. Jangan tahan gas

Saat menghentikan laju kendaraan di tengah hujan atau jalanan yang basah dan licin, maka perlu juga untuk melepaskan handle gas motor. Tujuannya agar kendaraan dapat berhenti lebih cepat.

Karena tentu saja percuma jika melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor. Jika demikian, proses pengereman pun tidak akan terjadi secara optimal.

3. Pegang stang motor dengan erat dan kuat

Saat berkendara motor di tengah hujan, harus memegang stang kendaraan dengan kuat. Hal ini untuk mengantisipasi misal ban motor mengalami selip di tengah jalan, sehingga pengendara masih bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kurangi kecepatan secara bertahap

Untuk menghindari terjadinya ban selip, bisa juga melakukan pengereman secara bertahap. Tentunya dengan memperhatikan kondisi jalanan yang dilewati. Jika jalanan sedang sepi, tentu lebih leluasa untuk melakukan pengereman bertahap ini. Namun jika jalanan padat, ramai bahkan hingga macet, bisa menurunkan kecepatan dan berkendara dengan lebih pelan.

5. Hindari menggunakan rem belakang

Penggunaan rem belakang pada saat cuaca tengah hujan justru akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Hal ini dikarenakan risiko terjadinya sliding jauh lebih besar. Akibatnya, saat melewati tikungan, bisa saja jatuh dan tergelincir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.