Sukses

Garap Pasar Mobil Listrik, Produsen Lokal Vietnam VinFast Bicara Baterai Masa Depan

Produsen lokal Vietnam, VinFast mengungkapkan strategi pengembangan baterai untuk kendaraan listrik masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen lokal Vietnam, VinFast mengungkapkan strategi pengembangan baterai untuk kendaraan listrik masa depan. Pabrikan berjanji terkait pengisian super cepat, teknologi baterai solid state, dan bekerjasama dengan perusahaan lain untuk mengubah visinya di pasar mobil ramah lingkungan agar menjadi kenyataan.

Melansir Paultan, mengenai masalah pengisian daya, VinFast bekerjasama dengan StoreDot, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi pengisian daya baru.

Hal tersebut, dengan menggunakan anoda nanopartikel dibanding grafit biasa, yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 80 persen dalam empat hingga lima menit.

Teknologi ini sendiri, telah didemonstrasikan untuk smartphone, drone, dan skuter listrik.

Selain itu, VinFast juga bermitra dengan ProLogium, yang mengkhususkan diri dalam penelitian dan produksi baterai solid-state.

Perusahaan ini telah mengerjakan hal tersebut sejak 2013, dan membangun fasilitas eksperimen baterai solid-state pertama di dunia untuk mobil pada 2017.

Baterai solid-state dianggap sebagai penampung energi terbaik untuk kendaraan listrik karena kepadatan energinya yang jauh lebih tinggi, rentang suhu pengoperasian yang luas, dan risiko mudah terbakar yang lebih rendah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baterai jenis lain

Produsen mobil ini tidak hanya berfokus dengan baterai solid-state, karena telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Gotion High-Tech untuk mengembangkan dan memproduksi baterai lithium iron phosphate (LFP), yang lebih stabil dan lebih murah untuk dibuat, dan lebih berkelanjutan dibandingkan dengan baterai lithium-ion.

Selain kolaborasi dengan mitra eksternal ini, VinFast melakukan kegiatan R&D sendiri, dengan anak perusahaan baru, VinES Energy Solutions JSC yang bekerja dengan lembaga penelitian lain.

Perusahaan mengatakan, ketiga pilar ini akan membantunya mencapai swasembada dalam hal pasokan baterai dan menggunakan baterai berkualitas tinggi.

Terakhir, VinFast bermaksud untuk membangun pabrik baterai di Vietnam, Eropa dan Amerika Serikat. Hal tersebut, akan menjadi bagian penting dari tujuannya menjadi perusahaan kendaraan listrik pintar global dan membantu perluasan transportasi hijau di seluruh dunia.

3 dari 3 halaman

Infografis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Terkendala Stok dan Birokrasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini