Sukses

Dampak Kelangkaan Mikrocip, Volkswagen Hapus Model dari Website Resmi

Volkswagen menghapus model ID.3 Pure dari website resmi mereka lantaran kelangkaan mikrocip

Liputan6.com, Jakarta - Akibat kelangkaan mikrocip yang melanda sektor industri otomotif, membuat pabrikan asal Jerman, Volkswagen, terpaksa menghapus salah satu model dari website resmi mereka.

Mobil listrik Volkswagen ID.3 Pure yang belum lama ini diperkenalkan, menjadi model yang terpaksa dihapus. Menurut keterangan resmi dari perusahaan, hal ini diakibatkan oleh kelangkaan mikrocip yang saat ini masih terbatas peredarannya.

Melansir dari insideevs, model yang dihapus oleh Volkswagen pada website resmi mereka adalah ID.3 Pure yang memiliki spesifikasi baterai 45 kWh.

Meski model dengan spesifikasi tersebut ditiadakan untuk sementara, namun, untuk spesifikasi baterai 58 kWh masih bisa menjadi pilihan konsumen.

"Karena kemacetan pasokan yang sedang berlangsung pada ketersediaan semikonduktor, saat ini ketersediaan berbagai model entry level sangat terbatas. Karena versi ini umumnya jarang dipilih oleh pelangga, hanya sekitar 2-3 persen," jelas pernyataan resmi dari perusahaan.

Volkswagen ID.3 Pure dengan kapasitas baterai 45 kWh ini dikabarkan mampu menghasilkan tenaga sebesar 125 tk. Sedangkan untuk daya jelajahnya, mobil listrik ini mampu melahap jarak hingga 330 kilometer.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Volkswagen ID.3 Pure Dihapus Karena Kurang Laku Di Pasaran

Namun ada sebuah kejanggalan dari keputusan tersebut. Menurut beberapa spekulasinya, penghapusan model Volkswagan ID.3 Pure ini dikarenakan memang model tersebut dikarenakan kurang laris di pasar.

Justru, untuk model tersebut yang paling laris adalah versi yang mengusung spesifikasi baterai lebih besar yakni 58 kWh atau 77 kWh.

"Apakah baterai ada hubungannya dengan jumlah chip yang digunakan dalam konstruksi kendaraan? Mungkin tidak ada alasan utamanya. Faktanya adalah bahwa ID.3 Pure bukanlah varian model yang sangat populer dan pembuat mobil memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi pada versi yang lebih lengkap," tulis analisis Insideevs.

3 dari 3 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.