Sukses

PPKM Berlanjut, Bagaimana Penjualan Mobil Honda di Indonesia?

Saat awal PPKM Darurat Juli lalu, permintaan pembelian kendaraan sempat turun

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali terus berlanjut hingga saat ini. Meskipun kondisinya sudah tidak terlalu ketat seperti bulan lalu, namun aturan ini tetap berimbas kepada sektor industri otomotif, termasuk penjualan salah satu pabrikan mobil Tanah Air, PT Honda Prospect Motor (HPM).

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Sals & Marketing Director PT HPM, saat awal PPKM Darurat Juli lalu, permintaan pembelian kendaraan sempat turun.

"Bulan kemarin (Juli) sempat turun, karena macam-macam termasuk PPKM. Tapi, pada Agustus secara tren sudah mulai meningkat," jelas Billy saat konferensi pers yang dilakukan secara virtual, beberapa waktu lalu.

Lanjut pria ramah ini, dengan adanya perpanjang PPKM sejatinya juga tidak terlalu memberikan efek negatif, karena permintaan pemesanan yang sudah mengalami peningkatan. "Kami harap bulan ini bisa naik (pemesanan kendaraan)," tegasnya.

Peningkatan permintaan penjualan yang meningkat pada Agustus 2021, juga dipengaruhi karena relaksasi PPnBM 0 persen yang berakhir bulan ini.

"Tren kami sampai nkemarin sudah mulai naik lagi, dari Juli. Jadi, bulan lalu turun, dan periode ini naik lagi dan saya pikir perpanjangan PPnBM yang dilakukan pemerintah sangat tepat," pungkasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brio Satya Masih Paling Laris

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengalami peningkatan penjualan memasuki semester kedua pada Juli 2021. Dari data yang diterima Liputan6.com, jenama berlambang huruf H ini membukukan pengiriman sebanyaak 8.234 unit.

Jumlah tersebut, mengalami peningkatan sebanyak 8,7 persen dibandingkan Juni 2021, yang hanya tercatat sebanyak 7.578 unit. Penyumbang penjualan terbesar pada berasal dari Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda HR-V 1.5 L.

Honda Brio Satya terjual sebanyak 2.170 unit pada Juli. Penjualan tersebut memberikan kontribusi sebesar 26 persen dari total penjualan Honda dan hingga kini memimpin segmen pasar Low Cost Green Car (LCGC) dengan pangsa pasar sebesar 27 persen.

Sedangkan Honda Brio RS hingga kini juga masih menjadi market leader pada segmen city car dengan pangsa pasar sebesar 50 persen, dan telah mencatatkan penjualan yang positif sebesar 1.832 unit pada Juli 2021 atau naik 41 persen dari bulan sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Posisi Proning, Bantu Pernapasan Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.