Sukses

Dua Perusahaan Ini Kerja Sama Kembangkan Baterai Motor Listrik

Continental dan Vartra jalin kerja sama untuk memproduksi baterai listrik yang bisa digunakan oleh seluruh model motor listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan baterai sebagai sumber daya untuk motor listrik memang tengah ramai. Oleh karena itu, pemasok otomotif Continental melakukan kerja sama dengan produsen baterai Varta, untuk menghadirkan baterai yang cocok diaplikasikan untuk motor sekelas 125 cc.

Malansir motorradonline, Continental dan Varta, akan memproduksi baterai kompak dengan kapasitas 48 Volt. Menurut mereka, penggunaan baterai tersebut sangat cocok untuk motor listrik lantaran daya yang dihasilkan bisa setara dengan skuter berkapasitas 125 cc.

Dalam pengembangan bersamanya ini, mereka mengatakan bahwa paket baterai 48 volt dapat ditukar. Dalam hal ini, mereka menjelaskan bahwa baterai tersebut bisa digunakan oleh skuter listrik yang menghasilkan daya sebesar 10 kWh atau lebih.

Prototipe baterai ini, akan diimpelentasikan hanya dalam enam bukan, dari ide pertama hingga prototipe yang berfungsi penuh.

Baterai hasil kolaborasi Continental dan Varta ini terdiri daei sel V54Drive dengan performa tinggi berbasis lithium-ion dari Varta.

Dengan begitu, baterai ini juga memiliki spesifikasi performa tinggi, pengisian cepat, ketahanan suhu rendah, serta hadir dengan desain yang lebih ringkas.

Untuk manajemen baterainya, mereka telah memgembangkan secara khusus yang memungkinkan sel baterai dengan sangat kuat untuk digunakan dan diaplikasikan melalui kendaraan roda dua.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Baterai Besutan Continental dan Varta

Fitur khusus yang diusung oleh baterai hasil kolaborasi tersebut adalah bobot yang hanya seberat kilogram. Tidak hanya dari sisi bobot yang lebih ringan, tetapi dari penggunaan daya jelajah juga lebih maksimal.

Berdasarkan informasinya, baterai ini memungkinkan jangkauan hingga 50 kilometer dan daya penggerak 10 kW.

Selain itu, sejumlah paket baterai dapat dihubungkan dan dikontrol menggunakan elektronik manajemen baterai baru. Misalnya, jangkauan skuter listrik dapat digandakan hingga 100 kilometer dengan menggunakan dua baterai.

3 dari 3 halaman

infografis motor listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.